Kejaksaan Tidak Pernah Terima Laporan E-Tilang

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) - Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Timika, Joice E. Mariai, SH., MH mengapresiasi warga Mimika karena taat dalam berlalu lintas. Hal ini disampaikan karena pihaknya belum pernah menerima laporan terkait e-tilang atau sistem tilang secara online yang diberlakukan Satlantas Polres Mimika.

Ketika ditemui Salam Papua diruang kerjanya, Senin (4/9), Joice mengangap bahwa warga Timika tidak ada yang terkena tilang petugas Satlantas. Hal ini di lihatnya dari laporan Satlantas Polres Mimika ke Kejari Timika.

“Karena tidak ada laporan. Saya mengapresiasi warga Timika yang sadar dan taat berlalu lintas,” katanya.

Dijelaskannya, jika memang sudah ada tindakan yang dilakukan petugas Satlantas terhadap pelanggar aturan lalu lintas, seharusnya ada pemberitahuan kepada pihak-pihak yang terlibat di dalamnya, seperti Kejaksaan, Pengadilan maupun Bank yang ditunjuk untuk membayar tilang.
“Pemberitahuan harus disampaikan tiga hari sebelum sidang, kepada Jaksa minimal dua hari sebelum tindakan,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Satlantas Polres Mimika, AKP Samuel D. Tatiratu, menjelaskan terkait sistem e-tilang yang berlaku. Dimana saat tindakan dilakukan pihaknya, maka pengendara yang terkena tilang langsung membayarkan sanksi atau denda tilang ke kas Negara melalui akun Bank BRI. Sebab, bila si pelanggar mendapat sanksi tilang dan memiliki telepon seluluer berbasis android, maka data nomor telepon dan identitas diri pelanggar akan di input oleh petugas Satlantas ke aplikasi e-tilang. Sehingga telepon seluler milik petugas akan muncul 15 angka briva.

“Munculnya 15 angka Briva, maka pelanggar bisa langsung membayar denda tilang ke Bank BRI, sesuai dengan Pasal yang di kenakan,” jelasnya.
Ketentuan ini, kata dia, sesuai dengan Undang Undang Nomor 22 tahun 2009, tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan. Sehingga pelanggar tidak lagi mengikuti atau menunggu sampai adanya persidangan baru kemudian membayar denda tilang. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment