Kejari dan Puskesmas Periksa Kanker Serviks

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) - Kepala Kejaksaan Negeri Timika (Kajari) Alex Sumarna, SH, MH  mengatakan kepedulian Kajari Mimika melalui Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kejaksaan Negeri Mimika bekerja sama Puskesmas Timika Jaya menggelar kegiatan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan memeriksa payudara klinis (Sadanis) Kanker Payudara di SP II untuk mendeteksi lebih awal pencegahan dan pengobatan penderita kanker serviks.

"Ini memang penting dan harus dilaksanakan. Karena dalam hasil pemeriksaan Juli lalu ada beberapa yang positif. Di Timika ini, kanker ini rawan sepertinya. Dengan tes IVA juga, gangguan kesehatan lain bisa dideteksi lebih dini agar bisa dicegah dan diobati," katanya kepada wartawan di Puskesmas Timika Jaya SP 2, Jumat (29/9).

Menurut Alex animo kaum perempuan terutama ibu rumah tangga memeriksa kesehatannya cukup tinggi.  Namun pertimbangan waktu, Puskesmas Timika Jaya membatasi maksimal 60 peserta. Peserta yang belum terakomodir bisa datang memeriksakan diri pada hari kerja ke Pusekemas terdekat.

"Peserta kali ini dominan dari para ibu guru. Kita berharap bapak-bapaknya juga sudah mulai peduli terhadap ancaman kanker serviks ini," katanya.

Sementara Kapus Timika Jaya, dr Moses Untung mengatakan, pelayanan dilakukan satu persatu. Karena pemeriksaan satu ibu membutuhkan 20 menit. Supaya semua terlayani, diakuinya Pukesmas Timika Jaya menyiapkan empat operator melayani pemeriksaan.

Dia menjelaskan kanker serviks berpeluang terjadi pada perempuan yang telah melakukan kontak seksual, baik ibu rumah tangga maupun yang masih lajang. Maka deteksi dini melalui IVA menjadi penting, karena kanker serviks satu-satunya kanker yang bisa dicegah, yang penting virus keganasannya diketahui lebih awal.

"Ini juga masuk program Puskesmas untuk penyakit tidak menular. Kita bersyukur tahun ini beberapa lembaga dan instansi peduli dan melaksanakan kegiatan seperti ini. Kejaksaan sudah dua kali, TNI-Polri dan organisasi profesi juga sudah laksanakan. Kita berharap lebih banyak pihak yang peduli," katanya.


Sebelumnya, pada Juli lalu, IAD bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan Mimika melaksanakan tes IVA dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-57 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ke-17. (Ricky Lodar).
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment