Kerusakan Jalan di Timika Memicu Laka Lantas

Bagikan Bagikan




SAPA(TIMIKA) - Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Mimika sudah banyak mengalami kerusakan namun belum ada perhatian dari dinas terkait. Padahal, kondisi jalan yang rusak tersebut sudah cukup lama.

Dari pantauan Salam Papua, jalan yang rusak terlihat di lintasan Jalan Cendrawasih tepatnya di depan RM Palem, Jalan menuju Polsek Miru, Jalan Masuk Sam Ratulangi, Jalan Hasanudin depan Timika Mall, depan SPBU Hasanudin dan masih banyak lagi yang lain.

Kondisi jalan tersebut selain karena tergerus air dan termakan usia, namun ada juga jalan yang memang dibongkar secara sengaja karena perbaikan parit. Selain berlubang, ada serpihan-serpihan kerikil yang tersebar di mana-mana.

Kondisi demikian membuat beberapa pengendara motor maupun mobil yang melintas menghindar  secara tiba-tiba dalam posisi laju kendaraan yang relatif cepat. Hal tersebut sangat berpotensi terjadinya kecelakaan.

"Meski lubangnya tidak dalam tetapi sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan pengendara," ujar seorang warga bernama Arnold R kepada Salam Papua, Senin (4/9) di Jalan Hasanudin.

Menurutnya, ada begitu banyak jalan di Timika yang mengalami kerusakan tapi diabaikan oleh Pemerintah Daerah sampai saat ini.  

"Itu beberapa jalan yang mungkin sempat dilihat kerusakan. Tidak menutup kemungkinan pasti masih banyak jalan utama lain yang juga mengalami kondisi kerusakan yang sama. Dan perlu ada upaya perbaikan dari pihak terkait,” ungkapnya.

Apabila dibiarkan berlarut-larut maka kerusakan jalan akan semakin parah. Pada saat hujan, jalan yang berlubang akan tergenang air dan pastinya pengendara akan terjebak di dalamnya sehingga akan sangat terbuka kemungkinan terjadinya kecelakaan.

”Kalau matahari panas kita masih bisa lihat kondisi jalan tetapi kalau hujan tentu kolam penuh dengan air dan di situ orang bisa kecelakaan karena masuk lubang,” katanya. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment