Mimika Juara I Terbaik Pameran Karya Seni di Semarang

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) -  Asisten IV Bidang Pendidikan, Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika, Alfred Douw mengatakan, Kabupaten Mimika berhasil meraih Juara I Terbaik dan predikat Juara Umum pada pameran Karya Seni yang digelar di Semarang, Jawa Tengah yang dilaksanakan sejak, 12 hingga 16 September lalu.

Menurut Alfred, dalam pemeran karya seni budaya yang dihadiri oleh kurang lebih hampir lima puluh Daerah se Indonesia tersebut, Mimika menampilkan  berbagai hasil karyanya. Seperti halnya anyaman-anyaman noken dari benang, kulit kayu dan batang anggrek, lukisan dan ukiran adat suku Kamoro, buah merah dan aneka racikan buah merah, sarang Semut serta aneka aksesoris karya alam Mimika.

“Kebetulan ke sana ada kegiatan dari Kantor Perijinan dan Penanaman Modal (KPMM), tapi kita sertakan dengan menampilkan hasil karya seni kita dari Timika. Kita dinobatkan sebagai juara umum. Ini luar biasa sekali,” ungkapnya kepada Awak media di halaman Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) usai melaksanakan apel peringatan HUT Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2017, Senin (18/9).

Dia mengatakan, selain memamerkan karya seni budaya, predikat terbaik juga didukung dengan tampilan tarian seka dan adat dua suku yakni Amungme dan Kamoro (Amor). Menurut Alfred, penampilan karya seni puluhan daerah tersebut melalui penjurian ketat dengan penilaian berbagai aspek. Dengan demikian menurut dia, suatu kehormatan besar di saat final, panitia mengumumkan Mimika sebagai kabupaten yang menjuarai karya seni terbaik. Selain itu juara umum pun juga diboyong oleh Mimika.

“Ini berarti salah satu hasil kerja keras kita bersama dan harus disyukuri. Dari racikan buah merah saja sudah menaruh perhatian khusus. Ditambah dengan keunikan tarian dan pakaian adat kita yang sangat jauh berbeda,” tuturnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment