Pangkalan BBM Perlu Ditertibkan

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) – Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Mimika, perlu dan wajib melakukan penertiban dan penataan terhadap pangkalan juga agen Bahan Bakar Minyak (BBM) khususnya Minyak Tanah (Mitan).

Kepala Bidang Minyak dan Gas (Migas), Besor Pigai saat ditemui Salam Papua diruang kerjanya beberapa waktu lalu menjelaskan, walaupun dalam Undang-Undang restrukturisasi menentukan sebagian kewenangan ESDM KabupatenMimika akan dilimpahkan ke Provinsi Papua, akan tetapi selama belum dijalankan maka ESDM akan tetap mengagendakan pendataan pangkalan BBM.

Pekan depan kami akan lakukan pengawasan atau iventarisir terkait pangkalan BBM di Mimika. Karena memang sudah ada didalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) ESDM tahun 2017,”jelasnya.

Pangkalan BBM perlu ditertibkan dan menjadikan upaya Pemerintah Daerah (Pemda) dalam menggenjot Pemasukan Asli Daerah (PAD) dari sector usaha. Karena semua jenis usaha termasuk penjualan BBM harus memiliki badan hukum dan sesuai aturan. Dalam kegiatan iventarisasi yang akan dilakukan, sekaligus mengeluarkan surat izin timbun.

“Untuk Mitan selama ini tidak ada kelangkaan. Tetapi yang perlu dibenahi adalah dari sisi penataannya. Penataan artinya mengatur radius jarak antara pangkalan satu dengan yang lain,”katanya.

Sementara itu terkait penambahan kuota pasokan Mitan, harus disertai dengan permintaan tertulis kepada Pertamina Provinsi Papua.

“Beberapa waktu lalu saya sudah ke Pertamina Jayapura untuk tanyakan terkait dengan kuota mitan kita. Dari sana menyampaikan bahwa Pemda Mimika harus menyampaikannya secara tertulis. Jadi kita belum tahu apa kah nanti bertambah atau berkurang,”katanya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment