Pasca Bimtek DPRD Mimika

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) - Pasca Bimbingan Teknis (BimTek) di Jakarta minggu lalu, gedung DPRD Kabupaten Mimika telah diramaikan kembali dengan aktifitas dari setiap anggota parlemen daerah tersebut, Senin (4/9).

Berkaitan dengan maksud pelaksanaan BimTek, anggota Komisi A DPRD Kabupaten Mimika, Markus Timang mengatakan DPRD perlu mendapatkan bimbingan atau pengawalan dalam kaitannya dengan pembahasan aturan daerah. Baik itu dalam pra pembahasan atau pembahasan Perda. Setiap politikus di lembaga tersebut perlu ditumbuhkembangkan dari sisi edukatif dan selalu dilaksanakan studi banding ke daerah-daerah lain. Karena tata laksana urusan legislatif yang notabene sering mengalami perubahan.

“Karena setiap tahun keadaan berubah, maka DPRD juga setiap tahun wajib keluar daerah bukan tanpa tujuan tetapi untuk mendapatkan pendidikan. Jadi, semua kegiatan yang teknis kami harus mendapatkan bekal,” katanya.

Menurutnya, Bimtek ini dilakukan karena ditemukannya banyak kekurangan pelayanan di Kabupaten Mimika, khususnya di DPRD. Dengan adanya penguatan tersebut, akan sangat mempengaruhi kualitas setiap anggota DPRD Mimika dalam melaksanakan tugas, pokok dan fungsinya. Apalagi saat ini sedang berlangsung pembahasan tentang raperda pemekaran daerah di seputaran Kabupaten Mimika.

“Soal tindak lanjut, akan kami proses dalam rapat pembahasan peraturan daerah. Kebetulan sekarang kami juga sedang membahas raperda tentang pemekaran daerah. Tetapi waktu selesainya belum bisa dipastikan,” ungkap pria yang juga Ketua Fraksi Partai Gerinda ini.

Dia menjelaskan, BimTek tersebut juga melibatkan Kementerian Keuangan sebagai narasumber dalam membekali setiap peserta dengan pemahaman tentang protokoler, administrasi dan keuangan daerah. Setiap peserta disediakan dana sebesar Rp 25 Juta dari Sekretariat DPRD Kabupaten Mimika.

“BimTek melibatkan pihak dari Kementerian Keuangan sebagai pemateri untuk memberikan pemahaman soal protokoler, administrasi dan keuangan daerah. Selama BimTek, dana yang disediakan Sekretariat DPRD Kabupaten Mimika kepada setiap anggota yang mengikuti BimTek berjumlah 25 juta”, tuturnya. (Korneles Materay)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment