Pasien ISPA di Pustu Mulia Kencana Meningkat

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) -  Dampak dari perubahan cuaca yang terjadi sejak bulan Agustus hingga awal September, mengakibatkan jumlah pasien Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di Puskesemas Pembantu (Pustu) Mulia Kencana, Distrik Iwaka mengalami peningkatan sekitar 20 persen.

Kepala Pustu Mulia Kencana, Rima Islafia, Amd,Kep saat diwawancarai Salam Papua di ruang kerjanya, Rabu (6/9) mengakui, khusus bulan Agustus jumlah pasien ISPA mencapai 65 pasien. Penderita ISPA tidak saja kalangan orang dewasa tetapi juga menyerang anak-anak dan orang Lanjut Usia (Lansia).

“Untuk pasien ISPA lumayan meningkat di bulan Agustus lalu. Berdasarkan data, itu meningkat sampai 20 persen, karena jumlah pasien mencapai 65 orang. Dengan cuaca yang seperti sekarang memang lebih rentan untuk terkena ISPA. Apa lagi di wilayah Iwaka ini,” katanya.

Ditambahkannya, cuaca alam di Mimika sulit untuk diprediksi. Cuaca buruk bukan hanya terjadi pada bulan tertentu, melainkan bisa  terjadi kapan saja. Dengan demikian Dia mengharapkan adanya kesadaran setiap masyarakat agar tidak terkena ISPA dan penyakit lainnya.
“Yang namanya kesehatan diri itu tanggungjawab diri sendiri. Misalnya kalau mengendarai motor harus kenakan masker atau helm yang dengan kaca penada angin. Kami sebagai pelayan kesehatan, akan tetap melayani masyarakat dengan jenis penyakit apa pun, tapi yang harus mencegah itu adalah diri si pasien itu sendiri,”tuturnya. (Acik)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment