Pembahasan OPD Tunggu Petunjuk Pusat

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) - Sekertaris Daerah (Sekda) Mimika Ausilius You, S.Pd. MM. MH mengatakan, pembahasan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan ditunda hingga besok. Menunggu kehadiran dari tim Asistensi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait dengan petunjuk pembahasan Raperda tersebut bersama DPRD Mimika.

"Materi organisasi perangkat daerah itu kami siapkan, lalu pembahasan OPD akan ditetapkan bersama-sama dengan DPRD," kata Sekda Ausilius You kepada wartawan usai menghadiri pertemuan pra pembahasan OPD bersama Bapem Perda, Senin (4/9).

Menurut You, OPD merupakan agenda penting yang harus dibahas bersama antara Pemkab Mimika dan DPRD. Sebab OPD tersebut nantinya akan ditetapkan untuk merampingkan organisasi perangkat Pemerintahan di tingkat daerah.

"Ini adalah salah satu agenda penting yang harus kita bahas dan tetapkan bersama DPRD," terangnya.
You menjelaskan, baik eksekutif maupun legislatif harus menunggu petunjuk realisasi dari pihak Mendagri dalam hal ini Ditjen Otda, setelah dilakukan pembahasan dan penetapan OPD. Apakah setelah ditetapkan OPD selanjutnya ada restrukturisasi atau tidak. Hal tersebut yang perlu petunjuk dari Pempus untuk pelaksanaan pada bulan Januari tahun depan.

"Setelah pembahasan OPD realisasinya itu yang harus kita tunggu apakah setelah selesai pembahasan pada petunjuk dari pemerintah pusat melalui kementerian dalam negeri ini yang sekarang kami bersikukuh untuk meminta petunjuk," ungkapnya.

Dengan demikian, pihak eksekutif dan legislatif akan bertemu kembali pada besok hari, Selasa (5/9). Bersamaan dengan kehadiran tim asistensi dari Kemendagri untuk membahas masalah tersebut.
"Jadi besok nanti kita akan duduk bersama-sama dengan tim assistant untuk membahas masalah ini," terangnya.

Sementara itu Ketua Bapem Perda Karel Gwihangge dalam pertemuan tersebut menyepakati akan menunggu tim Asistensi dari Mendagri dan Kabag Hukum Setda Mimika untuk melakukan pembahasan berkaitan dengan pembahasan OPD.
"Pertemuan ini kali diskors. Besok baru lanjut setelah ada tim Asistensi Mendagri," kata Karel.

Sementara itu Ketua tim Asistensi Mendagri Thomas Umbupati saat ditemui di acara bakar batu di kediaman Ketua DPRD Mimika Elminus B Mom, SE mengatakan, pembahasan OPD tersebut sangat penting, sebab tim Asistensi Mendagri telah melihat struktur OPD di Mimika yang mau dikata terlalu gemuk. Sedangkan tujuan restrukturisasi untuk merampingkan OPD yang dianggap tidak perlu atau adanya penggandaan tupoksi.

"Kemarin itu kami cek, dan OPD di Mimika ini terlalu gemuk. Sedangkan tujuan restrukturisasi ini untuk perampingan," terangnya (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment