Pemkab Asmat Bakal Bangun Jaringan Air

Bagikan Bagikan


SAPA (ASMAT) - Pemerintah Kabupaten Asmat melalui instansi teknis bakal membangun jaringan air bersih di Distrik Agats, ibukota kabupaten tersebut. Pemasangan jaringan air dilakukan setelah pembangunan sejumlah bak penampung.

Bupati Asmat, Elisa Kambu mengatakan, pemerintah setempat akan membebaskan lahan untuk pembangunan sejumah bak penampung air di Agats. Rencana pembebasan lahan dilakukan tahun ini, selanjutnya dikerjakan bak-bak penampung air berukuran 30x25 meter.

“Kita Asmat ini banyak air, tapi susah dapat air bersih. Kita sudah programkan pembangunan bak-bak air di Agats tahun ini. Nanti distrik-distrik lain menyusul juga, kita lakukan bertahap dulu,” kata Elisa Kambu, di Pemda Asmat, Kamis (7/9).

Menurut bupati, kala musim kemarau, masyarakat Agats kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan mandi dan cuci. Sementara untuk kebutuhan konsumsi, masyarakat mengandalkan air kemasan/isi ulang yang didatangkan dari luar daerah.

“Kalau bak sudah dibangun, kita pasok air dari rawa-rawa yang ada. Orang tidak lagi timba di rawa, sehingga airnya tetap bersih,” katanya.

Setelah membangun bak-bak penampung air di wilayah Distrik Agats, pekerjaan selanjutnya adalah membangun jaringan/instalasi air dari bak penampung ke sejumlah lokasi atau pusat perkampungan.

“Kita buat jaringannya dekat kampung, sehingga memudahkan semua orang di kampung itu. Kita buat untuk air minum dulu. Jadi nanti yang kita siapkan ke depan itu hanya untuk minum, minimal satu kepala keluarga (KK) bisa dapat 40 liter per hari,” ujarnya.

Dia menyebutkan meski dibangun bak penampung dan jaringan air bersih, pemerintah tidak mengalirkan air setiap saat. Distribusi air akan diatur secara terjadwal sehingga tidak kekurangan.

“Sekian jam dibuka, setelah itu tutup, besok baru lanjut. Ini untuk mengantisipasi masalah air. Kalau musim hujan tidak apa-apa. Tapi kalau kemarau itu kita repot. Jadi memang perlu diantisipasi,” katanya. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. Halo.
    Saya adalah Bapak Rahel seorang pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup kepada individu, perusahaan bisnis, asuransi, dan lain-lain. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan pinjaman untuk diinvestasikan atau Anda memerlukan pinjaman untuk membayar pencarian tagihan Anda lebih jauh seperti kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi sesuatu dari masa lalu. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam mata uang mata uang dengan tingkat 2% tanpa biaya dimuka. Saya ingin menggunakan media hebat ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami siap membantu Anda dengan jenis pinjaman apa pun untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda. ya kemudian kembali sekarang melalui email (rahelcohranloan@gmail.com) untuk lebih jelasnya, anda sangat istimewa.

    ReplyDelete
  2. Selamat siang

    Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar 150.000.000,00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar 150.000.000,00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: "" "onebillionrisingfund@gmail.com" "" "" "karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "
    BBM: D8E814FC

    Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah

    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))

    Allahu akbar

    ReplyDelete