Pemkab Asmat Dorong Kemandirian Kampung

Bagikan Bagikan




SAPA (ASMAT) — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asmat terus mendorong otonomi  kampung setelah Pemerintah Pusat (Pempus) mengalokasikan Alokasi Dana Desa (ADD) di seluruh desa se-Indonesia.

Sekretaris Daerah (Sekda) Asmat, Bartholomeus Bokoropces mengatakan, dalam rangka meniti kemandirian kampung, pemerintah setempat mendorong aparatur kampung agar mampu menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung (RPJMK), Rencana Kerja Pemerintah Kampung (RKPK) dan Anggaran Pendapatan Belanja Kampung (APBK) hingga pembuatan Laporan Pertanggungjawaban (LPj).

“Itu sudah kita lakukan. Kita dorong aparatur kampung menyusun APBK. Mereka sudah buat, dan disetujui oleh kabupaten. Dokumen APBK itu sudah diserahkan kembali ke kampung. Selanjutnya program tahun 2017 bisa dilakukan,” kata Bartholomeus, baru-baru ini.

Dikatakan, dokumen APBK tersebut disusun oleh puluhan kepala kampung bersama stafnya (sekretaris, bendahara) dari 11 distrik. Rencana program yang tertuang dalam APBK merupakan usulan prioritas masyarakat yang disampaikan melalui musyawarah kampung (muskam).

“Kita harapkan, setelah menerima kembali dokumen APBK dan mencairkan dana ADD, pembangunan di kampung semakin lebih bergeliat dari tahun-tahun sebelumnya,” ujar Bartholomeus.
Dia menegaskan para kepala kampung harus melaksanakan kegiatan pembangunan sesuai dengan program yang termaksud dalam dokumen APBK. Aparatur kampung diminta bersinergis dengan pendamping desa. 

“Mereka sendiri yang menyusun dokumen APBK itu, dan kita sudah ingatkan agar tetap ikuti petunjuk yang ada. Kami juga minta mereka tak malu bertanya ke pendamping,”katanya.

Selain itu, tambah Sekda, pihaknya juga mengingatkan para kepala kampung agar tidak melupakan nota belanja untuk tiap pembelanjaan atau pengadaan barang dan jasa. Nota belanja sangat penting, karena akan menjadi bukti pertanggungjawaban kegiatan pembangunan di kampung.


“Beberapa kampung yang sudah punya dokumen APBK itu tersebar di Distrik Agats, Kopay, Sawa Erma, Pantai Kasuari, Joerat, Unir Sirau, Pulau Tiga, Der Koumour dan Distrik Akat,” tandasnya. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment