Pemkab Asmat Tanam Saham 2 M di Bank Papua Agats

Bagikan Bagikan




SAPA (ASMAT) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asmat berencana menyertakan modal pada Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papua Cabang Agats. Rencana tersebut sudah digodok dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dan diusulkan kepada legislatif dalam sidang paripurna beberapa waktu lalu.

Bupati Asmat, Elisa Kambu mengatakan, penyertaan modal pada Bank Papua Cabang Agats dalam rangka penerapan kaidah pengelolaan keuangan yang sehat di lingkungan pemerintah daerah dan sejalan dengan tertib administrasi pengelolaan keuangan daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Pengelolaan sumber daya keuangan pemerintah daerah terbatas, hanya bergantung pendanaan dari Pemerintah Pusat. Sementara kontribusi PAD melalui pajak dan retribusi daerah masih sangat kecil,” terang Elisa Kambu, baru-baru ini.

Karena berbagai faktor tersebut di atas, kata Bupati Asmat, pemerintah setempat perlu melakukan upaya pemanfaatan dana untuk meningkatkan nilai tambah sumber daya keuangan daerah dan memberikan kontribusi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Salah satunya dengan penyertaan modal pada Bank Papua Cabang Agats, rencananya sebesar 2 miliar rupiah. PAD kita sangat kecil, hanya 3,13 persen. Sehingga perlu langkah-langkah peningkatan,” ujarnya.

Ditambahkan bupati, sejak 2004 atau setahun setelah menjadi Daerah Otonom Baru (DOB), Pemkab Asmat telah menanam saham pada Bank Pembangunan Daerah Papua. Hingga kini total penyertaan modal tersebut mencapai Rp41 miliar.


“Upaya ini telah memberikan nilai positif dalam peningkatan pendapatan daerah melalui bagi hasil deviden dari tahun 2004 sampai dengan tahun 2016 yakni sebesar Rp16 miliar lebih,” pungkasnya. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment