Pemkab Asmat Target Pajak IMB Rp 500 Juta

Bagikan Bagikan




SAPA (ASMAT) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asmat berupaya menggenjot pendapatan asli daerah (PAD)-nya dari sektor pajak dan retribusi. Khusus pajak izin mendirikan bangunan (IMB), ditargetkan Rp 500 juta sepanjang 2017.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Asmat, Frans Sinurat mengatakan, tahun ini, target pajak daerah yang ditetapkan secara keseluruhan sebesar Rp 992 juta lebih, Rp 500 juta merupakan pajak IMB.

“Untuk IMB sudah mulai tertib. Kemarin di Distrik Atjs, kita dapat hampir Rp 50 juta. Padahal untuk distrik ini, kita targetkan Rp20 juta untuk satu tahun,” katanya belum lama ini.

Menurut Frans, kesadaran masyarakat Asmat membayar pajak sudah cukup baik. Meski begitu, pihaknya tetap mendorong agar masyarakat lebih taat membayar pajak melalui kegiatan sosialisasi dan penyuluhan.

“Kalau target 1 tahun ini semuanya Rp 500 juta. Kami optimis tercapai, karena contoh saja di Atjs, di sana bisa mencapai Rp 50 juta dari target Rp 20 juta,” ungkap Frans.

Dikatakan, pihaknya akan memprioritaskan penarikan pajak dari distrik-distrik tertua lebih dahulu, seperti Atjs, Agats, Suator, Sawa Erma, Pantai Kasuari, Fayit dan Akat. Pertumbuhan di sejumlah distrik ini sudah mulai berkembang baik.

“Kami sistemnya jemput bola, terutama yang berkaitan dengan pengurusan perizinan. Staf tinggal selama seminggu di distrik, mereka urus perizinannya, terbitkan di tempat lalu pulang,” tuturnya.
Dengan begitu, lanjut Frans, masyarakat merasa lebih terlayani. Dan mereka tidak membuang biaya yang lebih banyak untuk datang ke kota guna mengurus perizinan.

“Kalau warga harus datang ke Agats sini, tentu biaya perjalanan yang dikeluarkan cukup besar. Untuk itu petugas kami mendatangi masyarakat,” tandasnya. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment