Pemkab Tetapkan Standar Harga Jual Tanah

Bagikan Bagikan




SAPA (ASMAT) — Pemerintah Kabupaten Asmat dibawah kepemimpinan Bupati Elisa Kambu, S.Sos dan Wakil Bupati Thomas Eppe Safanpo, ST bakal mengeluarkan kebijakan standardisasi (penyeragaman) harga jual tanah di Kabupaten Asmat.

Kebijakan tersebut untuk memproteksi hak masyarakat asli atau pemilik hal ulayat di Kabupaten Asmat dari rendahnya harga jual tanah. Khusus dalam kota, harga jual tanah umumnya dipatok Rp10.000 per meter.

“Harga jual tanah di dalam kota Rp10.000 per meter, tidak pernah naik. Ini masyarakat yang rugi. Setiap pembebasan lahan, pemerintah daerah selalu kasih naik jadi Rp12.500 per meter. Bahkan ada yang dibeli Rp15.000-20.000 meter,” katanya di Pemda Asmat,  Kamis (7/9).

Harga jual tanah yang ditentukan oleh Badan Pertanahan disesuaikan dengan kelas atau klasifikasi tanah. Di Kabupaten Asmat, kondisi tanah umumnya berawa-rawa dan berlumpur, sehingga harga jualnya pun rendah.

“Ya karena kondisi daerah kita seperti begitu. Tapi juga perlu diperhatikan kesejahteraan orang asli. Untuk itu kita upayakan agar harga jual dinaikkan sedikit,” katanya.

Menurut bupati pemerintah setempat bakal membuat surat edaran khusus terkait jual beli tanah masyarakat pemilik ulayat. Yang mana salah pointnya berisi tentang standar harga jual.

“Jangan tinggal Rp10 ribu terus, nanti kita bikin edaran khusus jual beli tanah masyarakat. Nanti harga standarnya sama dengan yang dibeli pemerintah, Rp12.500 per meter,” ujarnya.  (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Halo.
    Saya adalah Bapak Rahel seorang pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup kepada individu, perusahaan bisnis, asuransi, dan lain-lain. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan pinjaman untuk diinvestasikan atau Anda memerlukan pinjaman untuk membayar pencarian tagihan Anda lebih jauh seperti kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi sesuatu dari masa lalu. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam mata uang mata uang dengan tingkat 2% tanpa biaya dimuka. Saya ingin menggunakan media hebat ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami siap membantu Anda dengan jenis pinjaman apa pun untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda. ya kemudian kembali sekarang melalui email (rahelcohranloan@gmail.com) untuk lebih jelasnya, anda sangat istimewa.

    ReplyDelete