Pempus Bangun Puluhan Rumah di Asmat

Bagikan Bagikan




SAPA (ASMAT) — Pemerintah Pusat (Pempus) melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR), dan Kementerian Sosial (Kemensos) membangun puluhan rumah layak huni bagi masyarakat di pedalaman Kabupaten Asmat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PRKP2) Asmat, Paewang Massau, Senin (18/9).

“Ada juga yang dibangun oleh kementerian, dan ada juga dari provinsi. Itu ada puluhan unit. Yang oleh kabupaten ada 208 unit,” kata Paewang.

Dikatakannya, Kementerian PU-PR membangun 20 unit rumah di Kampung Sagare Distrik Awyu. Sementara Pemerintah Provinsi (Pemprov) membangun enam unit di Kampung Wase. Namun sebelum membangun, pihak kementerian maupun pemprov mengambil data-data penerima manfaat dari dinas setempat.

“Mereka menyampaikan ke kami dulu, untuk dipersiapkan data-data. Data-data itu sebagai acuan untuk membangun dan sebelum pekerjaan dimulai, mereka akan survey lokasinya dulu,” jelas dia.

Ditambahkannya, puluhan unit rumah layak huni sedang dalam proses pengerjaan tahun ini. Sementara perumahan yang diprogramkan Dinas PRKP2 sudah dilelang, dan kini juga dalam tahap pengerjaan.

“Nanti saat serah terima, kami akan buatkan pakta integritas, supaya bantuan-bantuan tersebut tidak dijual. Harus ada komitmen dari masyarakat atau penerima manfaat. Jika mereka jual, maka itu bisa diproses hukum,” tambahnya.

Di tempat terpisah, Bupati Asmat, Elisa Kambu mengatakan, ada 40 unit rumah layak huni  yang dibangun oleh Kemensos di Kampung Seramit, dan 30 unit lainnya bagi masyarakat di Kampung Auban.

“Bantuan perumahan itu disertai pula dengan bantuan peralatan rumah tangga,” kata Bupati Elisa Kambu.

Selain memberikan bantuan perumahan, Kemensos juga memberikan bantuan Jaminan Hidup untuk 40 KK di Kampung Seramit, 30 KK di Kampung Auban dan 30 KK di Kampug Kapayap Dua.


“Lalu dari Kemensos juga ada Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 176 Kepala Keluarga di Asmat. Untuk kita di daerah sendiri, sudah dibangun kurang lebih 1000 unit rumah sejak tahun 2017 sampai sekarang,” tandasnya. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment