Penerimaan CPNS Mimika Belum Dipastikan

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) – Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Kabupaten Mimika, Paskalis Kirwelakubun mengatakan, hingga saat ini belum bisa memastikan adanya penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Mimika.

“Yang sekarang gencar itu kan cuman yang melalui On Line dan merupakan agenda dari beberapa Kementerian. Tapi kalau secara umum se Indonesia itu sampai saat ini kami belum bisa pastikan. Memang di Provinsi Kalimantan sudah ada, tapi untuk kita di Papua itu belum pasti,” katanya ketika diwawancarai di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Senin (18/9).

  Ia mengatakan, meski dari setiap daerah mendorong untuk diadakannya penerimaan CPNS dalam setiap tahun. Namun, petunjuk belum ada dari pusat melalui Kemenpan tidak bisa. Kecuali, dari Kemenpan telah diinstruksikan penerimaan di setiap Daerah. Maka, daerah secara otomatis akan melaksanakannya sesuai instruksi tersebut.

“Tidak mungkin kita sendiri yang melakukan penerimaan, kalau tdak diinstruksikan dari pusat,” katanya.

Ia juga mengingatkan, meski dari Kemenpan telah menginstruksikan penarikan PNS khusus guru dari seluruh sekolah swasta. Kebijakan itu membutuhkan pertimbangan. Maka hingga saat ini belum menemukan suatu keputusan final.

Menurutnya jika dikaji dari tujuan utama pendidikan di Papua adalah adanya kekususan bagi orang Asli Papua (OAP). Maka keberadaan guru PNS di sekolah swasta pun bukan suatu yang tidak perlu. Hal ini dikarenakan, pemerataan keberadaan OAP di sekolah swasta dan negeri pun sama atau seimbang.

“Belum ada keputusan pasti juga untuk kita tarik semua tenaga PNS dari setiap sekolah swasta. Untuk di Papua itu masih harus melalui pertimbangan khusus. Kalau di daerah lain mungkin sudah berjalan,” ujarnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment