Penutupan Pelatihan Kapasitas Pengurus Koperasi

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) Kepala Dinas Koperasi dan Ekonomi Kreatif (Diskop dan EK) Kabupaten Mimika, Cherly Lumenta menutup kegiatan pelatihan kapasitas pengurus koperasi, yang telah berlanggsung selama tiga hari di Aula Mako Brigif 20/IJK. Kegiatan ini dihadiri Kabid UMKM Diskop dan EK, Thomas Bauw, Perwakilan Kandan Brigif, Ketua Koperasi Primer Kartika Ima Jaya Keramo, Kapten Arifin dan anggota Sertu Hari.

 Kepala Diskop dan EK Cherly Lumenta dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika hanya mampu memberikan pembelajaran melalui pelatihan selama tiga hari, untuk meningkatkan kapasitas bagi pengurus koperasi baik diwilayah pegunungan maupun pesisir  agar bisa mengelola manajemen koperasi untuk kesejahteraan anggota koperasi dan masyarakat.

“ilmu yang didapat selama pelatihan bisa diimplementasikan dalam berkoperasi untuk kesejahteraan anggota koperasi dan masyarakat,” kata Cherly.

Cherly mengharapkan, dengan adanya pelatihan tersebut kiranya ilmu yang didapat bisa diimplementasikan dalam mengelola koperasi, sehingga ilmu yang didapat tidak berlalu saja. Dengan demikian pelatihan yang dilaksanakan dan dipraktekan bisa sesuai dengan visi misi Bupati Mimika, yakni Aman Damai dan Sejahtera.

"Sesuai dengan visi misi Bupati Mimika, Eltinus Omaleng damai dan sejahtera, yang mana damai bukan impian dan sejahteran bukan cita-cita," harap Cherly.

Ditempat yang sama salah satu pengurus koperasi Reymond saat diwawancarai Salam Papua mengatakan, pelatihan sungguh sangat bermanfaat untuk dirinya dan seluruh anggota koperasi yang nantinya pelatihan tersebut akan di terapkan di koperasi yang dikelola untuk kesejahteraan anggota koperasi dan masyarakat.

Hanya saja kata Dia, waktu pelatihan sangatlah singkat. Ia berharap kedepannya jika diadakan lagi kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas waktunya bisa diperpanjang sehingga ilmu-ilmu yang dipelajari bisa dijelaskan oleh pemateri secara detail.

“bagus, supaya apa yang kami dapat bisa kami terapkan di koperasi, Cuma waktu pelatihan ini singkat jadi kalau bisa waktu agak lama,” kata Reymond.

Pada kesempatan yang sama Ketua Koperasi Primer Kartika Ima Jaya Keramo, Kapten Arifin dalam arahannya mengatakan, peserta yang telah mengikuti kegiatan tersebut sangat beruntung. Karena mereka yang terpilih untuk mengikuti pelatihan. Dengan demikian, ilmu yang didapat bisa dibagikan kepada anggota koperasi yang lain yang tidak sempat mengikuti pelatihan tersebut, sehingga dalam pengelolaan koperasi bisa mengikuti metode baru sesuai dengan perkembangan.


“Sebagai gambaran. Pelatihan koperasi itu sangat luar biasa dan mungkin dari sebagian dinas, jadi apa yang kita dapat disini harus kita bagikan kepada anggota koperasi yang lain yang ada dikampung-kampung. Karena pengelolaan koperasi ini setiap tahun mengalami perkembangan,” harapnya (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment