Persiapan PON XX, Pemprov Akan Bangun Stadion di Mimika

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) - Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Mimika mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Papua, akan membangun infrastruktur pendukung, terutama stadion di Kabupaten Mimika untuk persiapan PON XX tahun 2020 mendatang. Mimika sendiri menjadi salah satu cluster perhelatan akbar tingkat nasional ini.

“Ada beberapa cabang yang akan dibangun infrastruktur yang besar oleh PU Provinsi Papua, terutama stadion,” kata Dantje Nere, S.Sos., M.Si kepada Salam Papua, saat dijumpai di Kampung Timika Jaya – Sp 2, Senin (18/9).

Untuk pembangunannya, kata Dantje, dalam waktu dekat ini Bupati Mimika Eltinus Omaleng selaku ketua sub PB PON XX bersama KONI dan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Mimika, akan melakukan koordinasi. Terutama terkait persediaan sarana dan pra sarana untuk penyelenggaraan PON XX di Mimika.

“Akhir tahun ini, kita akan lakukan pembicaraan secara berkelanjutan mengenai cabang yang diluar dari stadion yang sudah dibangun oleh PT Freeport Indonesia,” katanya.

Menurutnya, infrastruktur yang siap diselenggarakan pada PON XX untuk cluster di Mimika, adalah sejumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan di GOR Mimika Sport Complex (MSC) dan lapangan golf Kuala Kencana. Mengenai fasilitas lapangan golf Kuala Kencana sendiri, menurutnya sudah menyamai standar internasional. Hanya saja lapangan golf yang dimiliki saat ini masih berjumlah 18 holes, sedangkan untuk standar internasional harus 20 holes ke atas.

Sementara itu mengenai cabang olahraga renang, Dantje mengatakan tidak bisa diselenggarakan di Mimika, lantaran kolam renang yang ada di Kuala Kencana hanya mempunyai jarak yang pendek dan tidak sesuai dengan standar yang dibutuhkan.

“Sedangkan yang lain seperti golf dan beberapa cabang olahraga lainnya, lagi dipersiapkan untuk menjadi tuan rumah,” katanya.

Dantje berharap, dengan sisa waktu hingga tahun 2020 mendatang, semua pihak terutama KONI akan terus bergerak untuk melakukan persiapan-persiapan perhelatan PON XX di Papua. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment