Pertamini Menjamur di Timika, ESDM Akan Sidak Izin

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) –  Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Mimika dalam waktu dekat akan melakukan inspeksi mendadak (Sidak), terkait kepemilikan izin Pertamini. Hal ini berkaitan semakin pesatnya (Menjamur-Red) pertumbuhan usaha Pertamini di Kota Timika dan sekitarnya.

“Memang adanya Pertamini itu bisa membantu pelayanan masyarakat. Tapi persoalannya mereka miliki izin atau tidak? Kami akan agendakan sidak khusus surat izin pemilik Pertamini, karena sekarang di Timika sudah banyak sekali,” kata Kepala Bidang (Kabid) Minyak dan Gas (Migas) pada ESDM Mimika, Besor Pigay, SH., M.Si, saat ditemuia Salam Papua di ruang kerjanya, Jumat (22/9).

Terkait dengan sanksi yang kelak diberikan jika pengelola Pertamini ditemukan tidak memiliki izin, kata Besor, Pertamini merupakan salah satu jenis usaha yang tergolong baru hadir di Mimika. Maka, pada sidak tahap awal, seluruh pemilik Pertamini akan diberikan sosialisasi dan peringatan untuk mengurus izin.

Jika sudah diberikan sosialisasi dan perintah untuk mengurus izin tetapi pengusaha tidak juga mengikutinya, maka akan diberikan peringatan. Jika peringatan susulan tersebut tidak di indahkan, ESDM akan langsung melakukan penyegelan atau penutupan paksa usaha Pertamini bersangkutan.

“Itu seharusnya ada pajaknya untuk pemasukan di kas daerah. Kalau memang ada yang bandel tidak mau urus izin, maka akan kita tutup paksa,” katanya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment