PLN Dukung Timika Jadi Smart City

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) - Manager PT  Pembangkit Listrik Negara (PLN) Area Timika Salmon Karet mendukung penuh langkah pemerintah daerah dalam menata strategi pembangunan kota Mimika melalui Smart City.

“PLN sebagai BUMN setuju dengan langkah pemerintah untuk menata perkembangan kota sehingga kami selalu siap untuk menyesuaikan,” ujarnya kepada Salam Papua saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (18/9) kemarin.

Salmon mengatakan, PLN selalu siap untuk mendukung pemerintah dalam merencanakan pembangunan ke depan seperti apa. Namun sebelum maju lebih jauh, sebaiknya pemerintah perlu melakukan koordinasi dengan semua pihak  yang ikut berkontribusi dalam pengembangan Smart City.

“Infrastrukutur berupa listrik merupakan kebutuhan utama yang memang harus disiapkan dari semua sisi . Dan dari sekarang, memang kami sudah siapkan untuk perkembangan ke depan baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang,” katanya.

Dari sisi perencanaan untuk jangka pendek, menengah dan panjang, Salmon mengatakan saat ini sudah dilakukan oleh PLN. Misalnya PLN Area Timika sudah berencana untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di sekitar area Pomako. Apabila PLTMG hadir, maka tantangan yang dihadapi selama ini bisa terjawab. Selama ini kebutuhan listrik masih terbatas sehingga investor dan pengusaha yang ingin ke Timika belum seberapa.
                                                                                    
“Kalau pembangkit listriknya sudah besar maka otomatis investor akan banyak masuk karena infrastruktur dasar seperti listrik sudah memadai,” ujarnya.


Untuk itu dia berharap agar program PLN bersama pemerintah daerah terkait pembangunan PLTMG kiranya dapat terwujud di tahun 2017 atau tahun 2018 mendatang. (Albin) 
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment