PMI Kumpulkan 68 Kantong Darah dari TNI

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mimika, Kamis (28/9) mengumpulkan 68 kantong darah dari TNI yang melakukan donor darah, dalam rangka memperingati HUT TNI ke 72. Kegiatan berlangsung di Aula Koramil 02 Timika, yang diikuti oleh beberapa Komandan TNI, salah satunya Dandim 1710 Mimika, Letkol Inf Windarto.

"Untuk kegiatan donor darah ini kita harapkan bisa dapat banyak stok darah, agar bisa dikirim ke rumah sakit yang membutuhkan darah. Intinya kita buat untuk masyarakat,” kata Windarto.

Sementara itu Staff markas PMI Mimika, Eko Setiawan menambahkan jumlah kantong darah yang berhasil dikumpulkan dalam rangka HUT TNI sebanyak 68 kantong. Semua kantong darah ini, akan diserahkan langsung dua Rumah Sakit yaitu 32 kantong untuk Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) dan 36 kantong untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika.

“Setelah donor darah kami serahkan semua kepada rumah sakit, karena PMI belum mempunyai UTD dan bank darah. Kami sudah masukan proposal terkait UTD PMI ke Pemerintah Daerah, tetapi belum disetujui,” kata Eko.

Dia menambahkan, selain sering melayani donor darah. PMI juga mempunyai sekitar 500 orang relawan yang tergabung dalam komunitas donor darah. Semua relawan PMI selalu siap untuk mendonorkan darah jika ada pasien yang membutuhkan.

“Tim relawan kami berdomisili di Kabupaten Mimika. Jika ada pasien yang membutuhkan, bisa mengajukan dan kami akan menjemput relawan sesuai golongan darah yang dibutuhkan. Selama ini golongan darah yang banyak disalurkan adalah O dan A, sementara AB, B cukup langka,” katanya.

Peran PMI adalah membantu pemerintah di bidang sosial kemanusiaan, terutama tugas kepalangmerahan sebagaimana dipersyaratkan dalam ketentuan Konvensi-Konvensi Jenewa 1949 yang telah diratifikasi oleh pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1958 melalui UU No 59.

Tugas pokok PMI yaitu, kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana, pelatihan pertolongan pertama untuk sukarelawan, pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, pelayanan tranfusi darah (sesuai dengan Peraturan Pemerintah no 18 tahun 1980).

Dalam melaksanakan tugasnya PMI berlandaskan pada 7 (tujuh) prinsip dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, yaitu Kemanusiaan, Kesukarelaan, Kenetralan, Kesamaan, Kemandirian, Kesatuan dan Kesemestaan. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment