Realisasi Dana Desa di Distrik Miru

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) – Kepala Distrik Mimika Baru, Drs. Ananias Faot, M.Si mengatakan realisasi dana desa di Distrik Mimika Baru sampai saat ini ada dua desa yang sudah berjalan baik sedangkan satu desa lainnya tidak aktif sama sekali.

“Di Distrik Mimika baru ada tiga kampung, yakni kampung Ninabua, kampung Nayaro, dan kampung Hangaitji. Sampai saat ini realisasi dana untuk tahap pertama tahun 2017, hanya ada dua kampung yang jelas, yakni kampung Hangaitji dan kampung Ninabua. Sedangkan, kampung Nayaro tidak jelas,” katanya kepada wartawan Salam Papua saat ditemui di Kantor Distrik Mimika Baru.
Faot mengatakan, realisasi dana dari kedua kampung di atas terkait dengan proses pekerjaan baik berupa fisik maupun pemberdayaan.

“Realisasi tahap pertama terkait dengan pekerja fisik dan pemberdayaan, dan sementara menunggu laporan. Terkait dengan penggunaan dana desa berbentuk fisik misalnya ada yang dipergunakan untuk membuat pagar kantor, trali kantor, tanam lampu penerangan jalan seperti di kampung Hangaitji. Untuk kampung Nayaro, tidak ada aktivitas. Permasalahannya adalah kepala kampung sudah dua tahun tidak aktif.”

Ia menyampaikan sudah melakukan langkah menyampaikan pengaduan kepada Bupati supaya dilakukan peremajaan kepala kampung demi efektivitas desa setempat. Namun, sampai hari ini belum ada hasilnya.

“Kami sudah mengadukan hal ini ke pak Bupati. Kami menyampaikan laporan secara tertulis berdasarkan usulan dari masyarakat. Kalau bisa ada pergantian kepala kampung, atau penggantian sementara supaya desa ini bisa berproses, tetapi nyatanya sampai hari ini belum.” (Korneles Materay)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment