Seia-Sekata Majukan Perusahaan, Sejahterakan Karyawan

Bagikan Bagikan




MANAGEMENT PT Freeport Indonesia dan Pimpinan Unit Kerja (PUK) Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan (SP KEP) SPSI PTFI sepakat seia sekata memajukan perusahaan dan mensejahterakan karyawan PTFI. Bahkan, mereka mengikrarkan janji menyelesaikan seluruh permasalahan seputar hak karyawan dan kewajiban perusahaan dengan mengedepankan dialog yang setara dalam satu meja perundingan.

Executive Vice President Human Resources PTFI,
Achmad Didi Ardianto
“Saya berharap dalam masa kepemimpinan pengurus baru PUK SP KEP SPSI PTFI ini seia sekata dengan manajemen PTFI, bukan hanya kata-kata tetapi terbukti dalam semangat disiplin bekerja, bersama-sama berkomitmen untuk memajukan perusahaan dan mensejahterakan karyawan,” kata Executive Vice President Human Resources PTFI, Achmad Didi Ardianto dalam sambutannya usai Pimpinan Pusat SPSI melantik pengurus PUK SP KEP SPSI PTFI periode 2017-2020 di Sport Hall Tembagapura, Senin (25/9).

Menurut Didi, kemajuan dan peningkatan produksi perusahaan yang bermuara pada kesejahteraan keluarga pekerja, dibutuhkan komitmen dan tanggung jawab yang tinggi antara serikat pekerja dan manajemen perusahaan. Perubahan pasti terjadi, ketika budaya kerja berlandas pada disiplin dan ketaatan menjalani aturan yang telah disepakati bersama. Meski ada riak, harus bisa diminimalisir dengan mengedepankan budaya dialog yang setara dan berkeadilan dalam satu meja perundingan. Sehingga, organisasi yang mewadahi pekerja harus mampu bersinergi dengan management perusahaan untuk meraih kesejahteraan karyawan. PUK SP KEP dan management perusahaan mesti seiring sejalan mengolaborasi kebutuhan dan kesejahteraan karyawan dalam bentuk disiplin dan budaya kerja, yang tercermin dalam hasil produksi yang meningkat.  

“Apakah PUK yang baru saja dilantik siap bergandengan tangan dengan perusahaan memajukan perusahaan dan mensejahterakan karyawan?” ujar Didi bernada tanya dan disahuti Pengurus PUK SP KEP SPSI PTFI yang baru saja dilantik serempak berteriak dengan semboyan SPSI : “Siap…..!”

Tiada gading yang tak retak dan tiada perusahaan yang berjalan mulus, kata Didi sambil mengingatkan, yang sempurna hanyalah Allah. Maka Pengurus PUK dan serikat perkerja harus seirama dengan perusahaan seraya bersyukur atas berkat-berkat yang Allah berikan melalui perusahaan.

Bagai gayung bersambut, Ketua PUK SP KEP SPSI PTFI periode 2017-2020, Lukas Saleo menyampaikan, PUK dan management perusahaan mesti sepakat bahwa peran pekerja merupakan mitra utama perusahaan mencapai target produksi, bukan sebagai alat produksi. Maka posisi pekerja dalam mendorong peningkatan produksi berperan sebagai mitra dalam produksi, mitra dalam tanggungjawab, mitra dalam menikmati keuntungan, sehingga tercapai kesetaraan menikmati hasil yang berkeadilan.

“Kami mengajak management PTFI berkenan membuka pintu dialog dan membuka tikar musyawarah yang berlandaskan pada asas kekeluargaan demi mencapai mufakat terbaik memecahkan permasalahan saat ini dan yang akan datang,” ajaknya.

Menyikapi soal persiapan perundingan untuk membaharui PKB/PHI PTFI, pengurus PUK SP KEP SPSI PTFI segera duduk satu meja dengan manajemen PTFI bersama-sama mencari kesepakatan yang berlandaskan itikad baik demi kepentingan bersama. Sehingga pembaharuan PKB/PHI PTFI maupun masalah-masalah hubungan industrial yang terjadi saat ini teratasi.

Ketua PUK SP KEP SPSI PTFI Lukas Saleo (kiri)
dan Pemimpin Umum SKH SALAM PAPUA
Yulius Lopo
“Kami berharap peristiwa yang sangat bersejarah hari ini antara PUK SP KEP SPSI PTFI bersama management PTFI menjadi tonggak sejarah baru memajukan perusahaan dan mensejahterakan karyawan. Sebab, jika kita bekerja dengan jujur di atas tanah ini, maka kita akan menuai banyak berkat, dari berkat yang satu ke berkat yang lain. Akan tetapi jika kita bekerja tidak jujur di atas tanah ini, maka kita hanya akan menuai kutuk, dari satu kutuk ke kutuk yang lain,” ujarnya.

Ajakan Lukas Saleo diamini Achmad Didi Ardianto menegaskan, prinsip kedisiplinan kerja, kesetiaan pada azas ketaatan pada aturan dan mekanisme aturan yang disepakati bersama benar-benar satu kata dengan perbuatan. Sehingga, apa yang dikatakan terintegrir dalam aksi nyata dan bermuara pada peningkatan hasil produksi perusahaan serta kesejahteraan karyawan.

“Saya tidak mau berbicara panjang lebar. Saya berharap kita seia sekata memperbaiki seluruh tanggung jawab kita masing-masing dan mari kita secepatnya menggelar rapat yang hasilnya kongkrit. Hasil produksi perusahaan berjalan normal dan kesejahteraan pekerja sesuai harapan kita semua terwujud. Ingat! Bukan saja PUK SP KEP SPSI PTFI yang memayungi pekerja yang dituntut berubah. Tetapi, management perusahaan juga harus berubah. Semua sepakat dan setuju?” katanya disambut dengan tepuk tangan meriah pengurus yang baru sambil berteriak: “Siap…!”

Kesetiaan memupuk kebersamaan melewati rintangan yang menerpa organisasi PUK SP KEP SPSI PTFI, kata Ketua Panitia Pelantikan PUK SP KEP SPSI PTFI yang juga Ketua panitia MUSNIK PUK SP KEP SPSI PTFI, Pakris Umbora, dalam laporannya menyampaikan, peristiwa pelantikan pengurus baru saat ini, salah satu bagian integral dari rangkaian perjuangan para anggota PUK berpikir kritis mencari solusi memecahkan persoalan yang dihadapi PTFI dan dihadapi organisasi. Tujuannya, management PTFI dan PUK SP KEP SPSI  bisa seirama melangkah memajukan perusahaan dan mensejahterakan karyawan, termasuk memikirkan jalan keluar mengakomodir anggota yang memilih jalan berbeda.

Perjuangan tersebut, menurut Pakris ditandai dengan meminta pelaksanaan MUSNIK pada pimpinan PUK SP KEP SPSI PTFI periode sebelumnya tidak berhasil; Kedua para pemikir kritis mendorong pelaksanaan MUSNIK juga gagal. Namun, kegigihan para anggota pemikir kritis dan desakan para anggota yang tiada pernah mengenal lelah menggelar rapat dan koordinasi dari satu rapat ke rapat yang lain serta berkoordinasi dengan semua pihak.

Alhasil, Pakris membeberkan, para anggota yang kritis berhasil membentuk panitia 50 orang perwakilan para anggota PUK SP KEP SPSI PTFI menyepakati Ketua Panitia Musyawarah Luar Biasa, Pakris Umbora dan Sekretaris Subhan Umar bersama anggota ditugaskan mempersiapkan tahapan, prosedur, proses evaluasi, koordinasi dengan pihak pemerintah, keamanan, management perusahaan serta pihak terkait dan terakhir menetapkan jadwal penyelenggaraan pleno musyawarah luar biasa tertanggal 16 Agustus 2017.

Panitia dan Sekretaris berhasil menggelar penyelenggaraan dan menetapkan jadwal pleno pelaksanaan musyawarah luar biasa tertanggal 16 Agustus 2017 dan menyusun komposisi kepengurusan PUK SP KEP SPSI PTFI periode 2017 – 2020. “Itulah rentetan tahapan perjuangan para anggota PUK SP KEP SPSI PTFI dengan mengumpulkan dana swadaya para anggota sendiri dan meminta bantuan management perusahaan mendanai pleno musyawarah luar biasa hingga kita bisa menyaksikan proses pelantikan pengurus baru Senin, 25 September 2017 yang kita akan lalui bersama sebentar,” katanya.

Prosesi pelantikan pengurus PUK SP KEP SPSI PTFI periode 2017-2020 itu  berlangsung khidmat dan semarak. Kesemarakan suasana pelantikan semakin memukau ketika tarian khas selamat datang yang disuguhkan anak-anak kelas II SMP YPPK St. Bernadus Timika menyedot perhatian dan menggelitik jiwa para tamu undangan serta pengurus PUK SP KEP SPSI PTFI. Suasana itu bagai mengesahkan keabsahan pengurus baru PUK SP KEP SPSI periode 2017-2020 yang dikomandani Lukas Saleo sebelum mengikrarkan janji kesetiaan pada organisasi.

Tampak ikut hadir melegalisasi prosesi pelantikan Pengurus PUK SP KEP SPSI PTFI itu, Bupati Mimika yang diwakili Staf Ahli Bupati Mimika, Christian Karubaba, Ketua DPRD Mimika yang diwakili Ketua Komisi C, Viktor Kabey dan sejumlah anggota dewan Mimika, Kadisnakertranspera Mimika, Ronny S. Maryen, Pimpinan Pusat FSP KEP SPSI, Ferri Nuzarli, Executive Vice President Human Resources PTFI, Achmad Didi Ardianto, Kapolres Mimika, AKBP Victor Dean Mackbon dan Muspida Kabupaten Mimika serta para anggota PUK SP KEP SPSI PTFI.

Menjelang detik-detik prosesi pelantikan, suasana diluar gedung Sport Hall Tembagapura yang biasa hari-hari kabut menghiasi area lembah Tembagapura, terang-benderang. Isyarat kaki sang surya menerpa atap Sport Hall Tembagapura dan cuaca bersahabat bagai seisi alam merestui pengurus PUK SP KEP SPSI PTFI periode 2017-2020. Suasana semakin kidmat ketika seisi ruangan mendendangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya membahana dan tepekur hikmat sambil kepala menunduk menghening cipta mengenang jasa para pahlawan hingga bulu kuduk merinding. Dan terdengar suara MC menggelegar memecah suasana sambil mengajak tamu undangan berdiri mengamini prosesi pelantikan yang diawali pembacaan SK pengesahan dan pengukuhan pengurus baru yang dibacakan Pimpinan Pusat (PP) FSP KEP SPSI oleh Saeful Anwar. Disusul PP SP KEP SPSI, Edi Suherdi membacakan Panca Prasetya SP KEP SPSI dan SP KEP SPSI, Afif Johan menggemakan kata-kata pelantikan yang diikuti para pengurus PUK SP KEP SPSI PTFI. Lalu, Ketua PUK SP KEP SPSI maju selangkah ke depan menerima prosesi penyerahan bendera pataka SP KEP SPSI yang diserahkan Pimpinan Pusat FSP KEP SPSI yang diwakili Ketua Bidang Organisasi FSP KEP SPSI pusat, Ferri Nuzarli.

Terlihat pula dalam prosesi pelantikan itu diiringi dengan prosesi penyematan PIN SP KEP SPSI secara simbolis kepada tiga unsur pimpinan PUK SP KEP SPSI PTFI diantaranya Ketua Lukas Saleo, Wakil Ketua Pakris Umbora dan Sekretaris PUK SP KEP SPSI PTFI yang disematkan, Ny. Mustiyah. Dan disusul dengan penyerahan SK Kepada Ketua PUK SP KEP SPSI PTFI, Lukas Saleo dari Pengurus Pusat SP KEP SPSI, Mustopo dan kepada management PTFI yang diterima oleh Executive Vice President Achmad Didi Ardianto.

Selain itu, SP KEP SPSI Pusat, Galih Wawan memberikan kenang-kenangan kepada Ketua DPRD Mimika yang diwakili Ketua Komisi C, Viktor Kabey. Abdul Ghofur memberikan kenangan kepada Kadisnakertranspera, Ronny S Maryen, Dahrul Lubis memberikan kenangan kepada Kapolres Mimika, AKBP Victor Dean Mackbon, dan Suparno memberikan hadiah kepada wakil Dandim 1710/Mimika.


Usai penyerahan kenang-kenangan kepada tamu kehormatan dalam prosesi pelantikan itu diakhiri dengan sambutan Ketua Umum SP KEP SPSI Pusat yang diwakili Ketua Bidang Organisasi Ferri Nurzali, dan menikmati tarian khas Papua yang disuguhkan anak-anak SMP YPPK St. Bernardus Timika sambil menikmati minuman dan makanan ringan. (Fidel SJ)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

7 komentar:

  1. pinjaman! pinjaman!! pinjaman!!!
    Apakah Anda mencari perusahaan pinjaman swasta terkemuka dan terakreditasi yang memberikan pinjaman untuk kesempatan seumur hidup. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dengan cara yang sangat cepat dan mudah, pinjaman pribadi, pinjaman mobil, pinjaman hipotek, pinjaman mahasiswa, pinjaman usaha, pinjaman investasi, konsolidasi hutang dan banyak lagi. Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Jangan terlihat seperti kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada perorangan dan perusahaan yang membutuhkan bantuan keuangan dengan tarif 2%. Tidak ada nomor jaminan sosial yang dibutuhkan dan tidak diperlukan pemeriksaan kredit, 100% dijamin. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang andal dan suportif dan kami akan dengan senang hati menawarkan pinjaman kepada Anda.
    Kemudian kirimkan email ke: (victoriaemmanuelloan@gmail.com) untuk mengajukan pinjaman

    ReplyDelete
  2. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    ReplyDelete
  3. Halo, ini untuk memberi tahu Anda bahwa penandatanganan pinjaman geepee telah dilakukan
    untuk membantu setiap orang atau fasilitas pemerintah, untuk mendapatkan
    pinjaman yang dapat diandalkan dengan tingkat bunga minimum 3% di wilayah ini
    dari 3.000 ke wilayah 1 juta Anda mendesak Apakah saya butuh uang?
    * Sangat cepat dan mudah untuk berubah ke rekening bank anda.
    * Suku bunga rendah 3%
    * Jangka waktu penggantian jangka panjang (1-30 tahun).
    * Pinjaman dibayar bulanan dan fleksibel.
    Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendanai? Setelah presentasi
    Aplikasi pinjaman
    Anda bisa mengharapkan respons pertama dalam waktu kurang dari 24 jam.
    Pembiayaan 72-96 jam setelah menerima informasi
    Kita butuh

    Hubungi perusahaan pinjaman gaji yang disetujui oleh Anda.
    Bantuan ekonomi ke negara lain.
    Untuk informasi lebih lanjut dan formulir aplikasi, hubungi mereka
    Pinjaman.

    Email: Dentloancompany@gmail.com
    Whatsapp: +2348124336900

    ReplyDelete
  4. Halo, ini untuk memberi tahu Anda bahwa penandatanganan pinjaman geepee telah dilakukan
    untuk membantu setiap orang atau fasilitas pemerintah, untuk mendapatkan
    pinjaman yang dapat diandalkan dengan tingkat bunga minimum 3% di wilayah ini
    dari 3.000 ke wilayah 1 juta Anda mendesak Apakah saya butuh uang?
    * Sangat cepat dan mudah untuk berubah ke rekening bank anda.
    * Suku bunga rendah 3%
    * Jangka waktu penggantian jangka panjang (1-30 tahun).
    * Pinjaman dibayar bulanan dan fleksibel.
    Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendanai? Setelah presentasi
    Aplikasi pinjaman
    Anda bisa mengharapkan respons pertama dalam waktu kurang dari 24 jam.
    Pembiayaan 72-96 jam setelah menerima informasi
    Kita butuh

    Hubungi perusahaan pinjaman gaji yang disetujui oleh Anda.
    Bantuan ekonomi ke negara lain.
    Untuk informasi lebih lanjut dan formulir aplikasi, hubungi mereka
    Pinjaman.

    Email: Dentloancompany@gmail.com
    Whatsapp: +2348124336900 .

    ReplyDelete
  5. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

    ReplyDelete
  6. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

    ReplyDelete
  7. Halo,
    Apakah Anda mencari pinjaman? Anda memerlukan Pinjaman Usaha, Pinjaman Pribadi, Pinjaman Perumahan, Atau apakah Anda menolak pinjaman bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Perusahaan pinjaman Eva Molska kami terbatas dalam memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu dengan tingkat bunga rendah dan terjangkau sebesar 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini via evamolska12@gmail.com

    ReplyDelete