Sejumlah Bangunan Pasar Mubazir

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) Beberapa pasar yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, di sejumlah lokasi belum difungsikan. Bangunan ini menjadi mubazir dan sia-sia, padahal sudah menggunakan dana yang cukup besar.

Sejumlah pasar yang belum difungsikan seperti yang berada di Jile Yale Kwamki Narama, Kamoro Jaya SP1, di Pomako dan Mapurujaya. Bangunan pasar ini sudah berdiri beberapa tahun lalu, bahkan ada bangunan yang mulai rusak karena tidak terawat. Salah satu pasar yang mulai rusak yaitu pasar Kamoro Jaya SP 1, pasar Mapurujaya yang seringkali menjadi tempat terjadinya tindakan criminal yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Informasi yang diperoleh Salam Papua dari salah seorang warga yang tidak ingin disebutkan identitasnya, Kamis (7/9) mengatakan, pasar sudah lama dibangun tapi tidak ditempati oleh pedagang. Pedagang menilai lokasi pasar yang dibangun selain kurang strategis, juga tempatnya terlalu sempit.

"Mama-mama Papua yang jualan sore cukup banyak jadi pasar ini terlalu kecil. Lalu tempatnya terlalu di dalam,”katanya.

Ditambahkannya selain lokasi jauh dari jalan dan sempit, letak pasar terlalu dekat dengan Gereja. Sehingga aktivitas pasar yang ramai nantinya sangat mengganggu warga yang beribadah.

Pasar SP1 ini dikenal dengan pasar minggu dan kalau dia ramai pasti mengganggu belum lagi ditambah dengan penjual ikan,”katanya.

Sementara pasar di Jile Yale menurut Elsa, tempatnya juga kurang strategis, sehingga tidak ada ada pembeli. Di Jile Yale ini banyak mama-mama Papua yang menjual ubi-ubian, sayur mayor dan hasil kebun lainnya. Tetapi pembelinya tidak ada karena pasarnya cukup jauh. Selain itu hampir semua warga di Kwamk Narama punya kebun sendiri, karena itu hasil kebun dijual di pasar SP 3 juga pasar lama Timika.

Elsa menambahkan, seharusnya sebelum membangun pasar untuk  masyarakat, Pemkab melihat kondisi disekitarnya. Sehingga tidak asal bangun, menghabiskan uang sia-sia dan bangunan menjadi mubazir.
"Kalau begini percuma saja habis bangun tidak digunakan sesuai fungsinya. Lebih baik uang mereka kasih kami mau usaha,”ujarnya.Albin
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment