Sejumlah Lampu Jalan Solar Cell Mulai Tidak Menyala

Bagikan Bagikan


SAPA(TIMIKA) - Sejumlah lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang menggunakan tenaga surya atau solar cell, yang berada disejumlah titik Jalan Yos Sudarso, mulai tidak berfungsi (Menyala-Red). Akibatnya, beberapa titik lokasi tempat lampu itu berada menjadi gelap.

Pantauan Salam Papua di Jalan Yos Sudarso pada Sabtu (2/9) malam, kondisi lampu masih dalam keadaan utuh, bahkan peralatannya pun masih cukup dan tidak ada tanda-tanda kalau dicuri atau dirusak oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Hanya saja terlihat sejumlah lampu tidak lagi menyala.

Salah satu warga sekitar yang enggan menyampaikan identitasnya mengatakan, sejumlah lampu tersebut memang dalam beberapa waktu terakhir tidak menyala, belum diketahui apa penyebabnya.

“Kami juga tidak tahu kenapa lampu tidak menyala lagi, padahal lampu ini masih baru dipasang. Kita harapkan supaya dinas terkait bisa memperbaiki kembali, kalau dibiarkan berlarut-larut tentunya akan menggangu pengguna jalan raya,” ujar warga tersebut.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Tata Kota (Distako) Mimika Petrus Lewa Koten saat ditemui Salam Papua, Senin (4/9), menjelaskan lampu-lampu yang terpasang dan menggunakan tenaga surya dibeberapa ruas jalan sesungguhnya tidak mengalami kerusakan.

Menurut dia, kemungkinan karena kurang mendapatkan sinar matahari sehingga menyebabkan baterai pada lampu tersebut kurang maksimal dalam menyerap tenaga.

“Lampu solar cell ini sistimnya cas baterai. Kalau mataharinya bersinar full, maka malamnya akan terang bagus. Tapi kalau hujan terus satu hari dan casnya tidak bagus, maka malam tidak menyala,” jelasnya.

Sementara itu berkaitan dengan anggaran perbaikan sejumlah lampu tenaga surya atau menggunakan solar cell yang sudah rusak, kata dia, sebelumnya sudah di usulkan dalam pembahasan anggaran. Namun, itu belum diakomodir karena dinilai lampu-lampu tersebut belum mengalami kerusakan.
“Jadi tidak ada anggaran untuk perbaikan lampu solar cell, yang di anggarkan tahun ini hanya lampu-lampu yang bukan solar cell, seperti di Jalan Belibis, Ahmad Yani dan depan Tiga Raja sampai pasar lama,” katanya. (Albin)



Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment