Sekda Sesali Banyak Pimpinan SKPD dan ASN Keluar Daerah Tanpa Izin

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) -  Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Mimika, Ausilius You, S.Pd, MM, sangat menyesali banyaknya Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Mimika, yang melakukan perjalanan keluar kota tanpa adanya izin kepada pimpinan.

Menurut You, dalam setiap perjalanan tugasnya ke luar daerah, sering menjumpai pimpinan SKPD maupun ASN di Bandara Mozes Kilangin Timika, begitu juga saat berada didalam pesawat. Karena perjalanan keluar daerah yang dilakukan tanpa melalui izin, maka kebanyakan para pimpinan atau ASN yang ditemukan enggan untuk saling menyapa, bahkan menunduk untuk menyembunyikan diri di hadapan Sekda.

“Banyak sekali yang satu pesawat atau kita jumpai di ruang tunggu di bandara. Tapi tidak berani saling tegur dan selalu tunduk muka. Ada juga yang terpaksa tunda hanya karena tidak ingin satu pesawat. Itu karena perjalannya tidak ada izin dan bukan untuk keperluan dinas,” ungkap You ketika memimpin apel pagi di halaman Kantor Pusat Pemerintahan, Senin (25/9).

Menjadi Pejabat eselon I, II dan III atau pun pegawai biasa dalam lingkup pemerintahan, harus bisa menunjukan etika yang baik. Dalam hal ini harus bisa menaati peraturan negara.

“Kalau sebagai pimpinan SKPD itu harus minta izin kepada Bupati, Wabup, Sekda atau ke semua asisten. Begitu juga kalau pegawai biasa, harus sepengetahuan pimpinannya. Itu baru namanya punya etika sebagai abdi negara,” katanya.

Selain itu, dirinya berharap seluruh pimpinan SKPD yang telah melakukan kegiatan di luar daerah harus bisa mensosialisasikan semua yang telah didapatnya selama menghadiri kegiatan di luar daerah. Hal ini menurutnya, sangat perlu disosialisasikan kembali bersama seluruh pegawai di setiap SKPD terkait. Dengan demikian setiap pegawai bisa mengetahui setiap tugas yang akan dilakukannya.


“Untuk apa kalau hanya untuk diketahui oleh pimpinan saja, sedangkan pegawai-pegawainya tidak tahu apa-apa. Setiap pulang dinas dari luar itu, wajib untuk kumpulkan semua pegawainya dan berikan sosialisasi berdasarkan apa yang telah diterima di luar sana,” ujarnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment