Situasi Intan Jaya Kondusif, Pelaku Dirposes Hukum

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) - Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar menegaskan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyatakat (Kamtibmas) di Kabupaten Intan Jaya sudah kondusif, dan pelaku-pelaku kerusuhan akan di proses secara hukum.

"Intan Jaya sendiri umumnya sudah kondusif, aman terkendali,"kata Kapolda Boy saat ditemui wartawan di Resto 66, Kamis (7/9).

Dia  menjelaskan, kepolisian akan melakukan penyidikan terkait kerusuhan tersebut dan berjanji akan menindak tegas pelaku kerusuhan. Polisi tengah melakukan pendekatan terhadap kedua pihak yang melakukan aksi anarkis setelah adanya putusan MK terkait Pilkada di Intan Jaya dengan cara berdialog untuk mencari solusi. Rencana pertemuannya diadakan di Nabire.

"Jadi kita akan lebih tegas untuk menindak mereka-mereka yang perusuh. Kita sudah arahkan kepada aparat keamanan untuk bersifat tegas menangkap pelaku perusuh. Dan kita juga sedang berdialog damai di Nabire dan sudah mulai membaik dari hari ke hari," jelasnya.

Kapolda  juga mengakui kalau  telah mengantongi nama-nama yang diduga melakukan aksi-aksi anarkis. Nanti nama-nama tersebut akan diselidiki kemudian dan diproses secara hukum.

"Terkait masalah pengrusakan itu kita sudah dapat nama-nama dan kita akan lakukan langkah-langkah hukum.  Kalau mereka masih begitu terus yah kita akan lebih tegas lagi menindak mereka," ujarnya.

Dikatakannya disamping menyelidiki nama-nama yang diduga melakukan aksi tersebut. pihak Kepolisian juga akan melakukan pendekatan terkait dengan putusan MK.
"Selain proses hokum berjalan. Proses perdamaian juga kita promosikan kepada mereka-mereka. Kita berperan sebagai juru damai kepada mereka-mereka yang merasa dikecewakan dan merasa tidak menerima dengan putusan MK," katanya. (Ricky Lodar).
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment