SMAN I Kelola Dana BOS Satu Miliar Lebih

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) -  Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 1 (SMAN 1) Kabupaten Mimika, Soro Bato Sau, S.Pd mengakui telah menerima kucuran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun anggaran 2017 untuk satu semester sebesar Rp 1, 17 miliar. Dan tersebut sudah dipergunakan untuk membiayai operasional sekolah.

“Itu semua untuk biaya operasional kami. Karena kami di sini sama sekali tidak ada penarikan dari setiap Siswa. Kita masih menunggu kucuran untuk semester dua. Itu termasuk kurang, karena berdasarkan RAP kami untuk setahun itu  seharusnya 5 miliar,” katanya ketika diwawancarai di SMAN 1, Jumat (29/9).

Menurut Soro dana BOS itu juga dipergunakan untuk membayar gaji bagi 21 guru honor dan  tenaga kebersihan, Satpam, pagawai perpustakaan serta pengadaan Alat Tulis Kantor (ATK). Selain itu dana tersebut dipakai membiayai perawatan bangunan sekolah.

“Dari dana itu kita bayar tenaga honor, perawatan sekolah. Tapi untuk pembangunan fisik itu tidak diperbolehkan gunakan dana BOS,” ujarnya.

Dia juga mengakui dulu tenaga honor di setiap sekolah termasuk SMAN 1 bebas diangkat Kepala Sekolah. Saat ini, Kepala Sekolah tidak diperkenankan menerima tenaga guru honor.  Semua diatur atau direkrut melalui melalui Dinas pendidikan.

“Saya selama menjabat belum pernah mengangkat tenaga honor. Guru honor yang saat ini mengabdi diangkat oleh pejabat sebelumnya,” akunya.

Meski demikian, dia mengakui seluruh guru honor pada sekolah tersebut sudah diusulkan untuk diakomodir di Dinas Pendidikan. Ini dilakukan agar bisa terakomodir dalam penerimaan hak dan tercantum pada Dipa.

“Memang saya belum pernah mengangkat guru honor.  Tapi saya sudah laporkan semua guru honor saya ke dinas. Termasuk tenaga kebersihan juga sudah saya masukan datanya. Supaya hak mereka juga bisa dicairkan,” ujarnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment