SMK Harapan Ikuti Akreditasi Mandiri

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) SMK Harapan Timika mengikuti akreditasi secara mandiri. Tiga jurusan yang ada mulai dinilai oleh tim asesor SMK dari Provinsi Papua. Akreditasi akan berlangsung selama kurang lebih tiga hari, terhitung 25-27 September di sekolah.

Kepala SMK Harapan Timika, Sem Gobay  saat ditemui Salam Papua diruang kerjanya, Senin (25/9) mengatakan, lima tahun berjalan SMK Harapan ada pada akreditasi C. Maka Tahun ini sekolah kembali diakreditasi oleh tim asesor SMK dari Jayapura. Harapannya hasil akreditasi tahun 2017 bisa berubah dari C bisa naik ke tingkat atas.

"Kami harapkan akreditasi tahun ini bisa mendapatkan peringkat B atau A. Kami inginkan akreditasi dengan peringkat tertinggi sesuai target kami," katanya.

Tim asesor dari Provinsi akan menilai delapan instrument yaitu, standar isi, proses, kompetensi, kelulusan, pendidikan, sarana dan prasarana, dan standar penilaian pendidikan.

"Jadi selama tiga hari mereka akan melakukan penilaian terhadap sejumlah isntrumen yang kami sudah siapkan bersama panitia,"katanya.

Menurutnya, pelaksanaan akreditasi di SMK Harapan sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari dengan melibatkan semua guru dan staf yang ada untuk menyiapkan instrumen. Sehingga 100 persen SMK Harapan  sangat siap untuk melaksanakan akresitasi.

 "Saat ini SMK Harapan mempunyai tiga jurusan yaitu,  Otomotif mesin ringan, Otomotif alat berat dan Teknik Komputer Jaringan,”tambahnya.

Akreditasi yang dilakukan merupakan akreditasi mandiri dimana semua pembiayaan dari sekolah bukan bantuan dari Pemerintah.

“Biayanya ditanggung sendiri oleh sekolah. Karena akreditasi ini untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dan juga memberikan dorongan kepada anak-anak untuk sekolah di SMK Harapan, sehingga hasil akreditasi A sudah sangat bagus,”harapnya.


Akreditasi tahun ini berbeda dengan akreditasi tahun sebelumnya. Karena akreditasi saat ini lebih modern, karena presentasi langsung didepan asesor dan melalui online. Selain itu asesor juga akan memantau sejumlah fasilitas yang ada didalam kelas dan tempat praktek seperti bengkel. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment