SPSI dan Anggota DPRD Gelar Rapat Dengar Pendapat

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) -  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika menggelar Rapat dengar pendapat dengan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) PT Freeport  di ruang pertemuan DPRD di Jalan Cenderawasih,  Kamis (7/9).

 Dalam rapat itu Ketua Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia PT Freeport Indonesia (SPKEP SPSI PT.FI) Sudiro menyampaikan sejumlah permasalahan yang dialami mantan karyawan sejak di furlough atau dirumahkan oleh perusahaan.

 “Perusahaan PT Freeport membuat peraturan tanpa melibatkan karyawan. Peraturan yang di keluarkan perusahaan sangat memberatkan para karyawan. Padahal pada kesepakatan bersama setiap peraturan yang  melibatkan karyawan harus melibatkan karyawan. Maka,  peraturan yang dikeluarkan perusahaan mau tidak mau harus dilaksanakan karyawan,” katanya.

Menurutnya akibat hal  itu karyawan pun melakukaan protes dengan mengadakan aksi mogok kerja. Mogok kerja yang mereka lakukan sesuai dengan undang undang ketenagakerjaan yang berlaku. “Terkait aksi  mogok karyawan, kami telah menyurati pihak perusahaan sebanyak 3 kali,” ujarnya.

Senada dengan Sudiro Sekretaris Pengurus Cabang SPSI  S. Rawung menyatakan, Perusahaan memberikan  furlough  tanpa alasan yang jelas. Dalam UU ketenagakerjaan tidak ada yang namanya furlough.

Selama ini, dia menyampaikan karyawan yang menerima furlough  merasa resah. Karena tidak ada acuan untuk dijadikan furlough. Terkait hal itu, SPSI sudah melakukan perundingan dengan perusahaan, namun selalu ditolak. “Setiap pertemuan dengan pihak perusahaan selalu tidak ada kata kesepakatan,” katanya.

Rawung menyebutkan saat ini banyak karyawan yang di PHK mengalami keadaan yang tragis. Keadaan ini membuat mantan karyawan ada yang diusir dari kontrakan, tidak sanggup menyekolahkan anak, bahkan tidak bisa berobat ke Rumah Sakit.

“Kami meminta perusahaan untuk memanggil kembali karyawan yang di furlough untuk bekerja kembali tanpa ada PHK,” ujarnya.

Dalam dengar pendapat itu anggota  DPRD meminta point point pertemuan SPSI PT Freeport  dengan pihak Komnas Ham, DPRD Papua, Menteri Ketenagakerjaan, DPD Pusat dapat disampaikan secara tertulis. Supaya data-data tertulis itu nantinya  menjadi bahan bagi anggota DPRD Mimika  dalam rapat dengan pihak managemen Freeport Indonesia.

Dalam rapat itu dihadiri sejumlah anggota DPRD Kabupaten Mimika dan sejumlah perwakilan dari SPSI PT Freeport Indonesia. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Aslamalikum warahmatullahi wabarakatu
    ini kisah nyata saya . . . .
    perkenalkan nama saya pak Gunawan saya berasal dari kota yogyakarta saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hamper kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.
    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai sebuah kendaraan roda empat atau sebuah mobil pribadi sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud
    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang aki dari sana saya coba menghubungi aki awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk membayar hutang lewat sebuah jalan pesugihan putih lewat bantuan seseorang dari gunung kidul dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan aki romo dukun super natural dari gunung kidul membantu saya lewat dana gaib langsung masuk rekening saya 1 milyar
    Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada ki romo atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini dan sya sudah punya kendaraan beroda 4 yaitu hrv
    Dan jika anda ingin bantuan seorang dukun super natural untuk mendapatkan dana gaib yang di jamin sukses silahkan anda hubungi ki romo di nomor telepon 085-218-653-567 terimah kasih atas bantuannya....
    ..

    ReplyDelete