Tahun Ini 3 Puskesma Akan Diakreditasi

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) - Kepala Dinas Kesehatan KadinkesKabupaten Mimika Philipus Kehek memastikan bahwa tahun ini, sesikitnya tiga puskesmas yang ada di Kabupaten Mimika akan didorong untuk menyediakan mutu layanan yang berkualitas mulai dari fasilitas sampai pada tenaga kesehatan. Puskesmas yang dimaksud  Yaitu Puskesmas Kokonao yang saat ini mulai bergulir, Puskesmas Timika dan Puskesmas Timika Jaya.

"Tahun depan kami akan memulai dengan 10 puskesmas karena ini program nasional yang harus disambut baik,"kata Kadinkes Mimika saat ditemui Salam Papua Selasa 6/9lalu di Hotel Ultima Horison.

Pada tahun 2019 mendatang kata Philipis  semua puskesmas di Mimika harus terakreditasi. Pasalnya akreditasi puskesmas maupun rumah sakit menjadi sala satu sasaran program pembangunan dibidang kesehatan secara nasional termasuk di Mimika yakni mutu dan akses.

"Mengenai akreditasi mau tidak mau, suka tidak suka harus dijalankan karena sala satu sasaran program kesehatan nasional," katanya.

Berbicara mengenai mutu lanjut Kadinkes, tidak hanya berbicara jenis layanan tetapi didalamnya juga harus bermutu tetmasuk manusianya harus bermutu dan sesuai profesi. Karena dengan begitu maka akan lebih mudah dalam memberikan layanan kepada masyarakat. 

Akreditasi dalam rangka peningkatan mutu layanan kesehatan, bukan dengan puskesmas apa yang tidak punya, tetapi dengan apa yang puskesmas punya. "Artinya bukan orang bicara gedung tetapi dengan puskesmas yang ada bagaimana untuk melakukan pelayanan yang berkualitas,"katanya.

Dia menguraikan bahwa,  pelayanan di puskesmas terbagi dalam dua bagian besar yaitu upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan. Upaya kesehatan masyarakat berupa membangun kemitraan dengan warga. Sedangkan upaya kesehatan perorangan adalah petugas harus disiplin.

 Misalnya orang yang datang berkunjung ke puskesmas. Kalau buka jam 8 bukan, berarti petugasnya datang jam 8. Tetapi setengah jam sebelumnya petugasnya harus sudah datang. Dan tepat jam 8 harus  sudah mulai. Begitu juga dengan manajemennya,"jelasnya.

Maka dari itu menurutnya,  membangun komitmen petugas penyedia layanan kesehatan sesuai dengan aturan dan kondisi yang ada di puskesmas Apalagi sekarang sudah ada jaminan kesehatan berupa  BPJS Kesehatan, Kartu Papua Sehat (KPS) maupun jaminan kesehatan lainya "Jadi masyarakat sakit,  tidak sakit pemerintah sudah bayar setiap bulan lewat dana jaminan kesehatan, ataupun jaminan Papua sehat. Artinya bahwa puskesmas bertanggung jawab penuh untuk menyediakan mutu layanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat,"ujarnya.

Setelah puskesmas diakreditasi , maka masyarakat tidak lagi harus ke rumah sakit tetapi bisa berobat di puskesmas karena fasilitasnya sudah lengkap. 

Kecuali ada penyakit yang memang tidak bisa ditangani oleh puskesmas maka harus dirujuk ke rumah sakit. Tetapi saat ini  banyak masyarakat sudah berobat ke puskesmas.Albin
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment