Tahun Ini BPS Hasilkan 7 Publikasi Riset

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) Tahun ini BPS Timika hasilkan 7 publikasi data penelitian. Di dalamnya ada yang capaiannya sampai pada level terkecil yaitu distrik, ujar Kepala BPS Timika Yunus Wakum saat ditemui Salam Papua di ruang kerjanya, Selasa (26/9).

"Jadi capaian itu kami ukur setiap tahun dari produksi data yang kami hasilkan tahun ini ada 7 publikasi", ujarnya.

Yunus mengatakan, saat ini BPS tidak hanya memiliki data penelitian berupa Mimika dalam angka tetapi juga Distrik dalam angka. Hal tersebut merupakan pengembangan data sampai kepada cakupan yang lebih kecil yakni memotret setiap desa. Selain itu ada juga publikasi lain seperti, produk regional domestik bruto, indeks pembangunam manusia, kemahalan kontruksi, indikator kesejahteraan rakyat, statistik kesejahteraan rakyat dan statistik daerah.

Katanya, jumlah publikasi yang dihasilkan selalu bertambah seiring dengan tuntutan dari berbagai kebutuhan. Data dan informasi yang merupakan hasil output BPS diperoleh dari sensus dan survei.
"Jadi muaranya dibuat dalam bentuk publikasi tentang data dan informasi dari hasil sensus dan survei. Sehingga semakin lama semakin banyak publikasi yang dihasilkan oleh BPS,"ujarnya.

Untuk itu menurutnya, BPS mengupayakan proses dan hasil penelitian dilakukan dalam rentan waktu yang berdekatan. Sehingga dapat dilihat secara jelas capaian progresifitas setiap data tersebut. Dalam mencapai hasil penelitian tersebut, BPS selalu memperhatikan keseimbangan dan keakuratan penentuan sampel penelitiannya. Sehingga output data penelitiannya benar-benar subyektif dan tidak terkesan memproyeksi hasil yang telah disetting terlebih dahulu. BPS selalu mengutamakan integritas proses dan hasil penelitian.


"Di tingkat daerah datanya dapat dilihat tahunan. Namun diusahakan rentan waktunya lebih pendek untuk merilis data. Sedangkan di tingkat provinsi dan pusat bisa semesteran, triwulan dan ada juga tahunan," ujarnya. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment