Tim Ekspedisi Bantu Pemkab Asmat Lakukan Sensus

Bagikan Bagikan




SAPA (ASMAT) — Sejumlah personil dari Tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Selatan Subkorwil I/Asmat, membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asmat dalam kegiatan sensus di 23 Distrik dan 224 Kampung yang ada di kabupaten tersebut.

Komandan Ekspedisi NKRI Papua Selatan Subkorwil I/Asmat, Mayor Inf. Febi Adrianto mengungkapkan, timnya dilibatkan oleh pemerintah setempat dalam kegiatan sensus kependudukan, ekonomi dan pembangunan.

“Kebetulan ada kegiatan sensus ini, kami melibatkan personil. Mereka akan meneliti sesuai dengan bidangnya masing-masing, sekaligus juga membantu sensus yang dilakukan pemerintah daerah,” kata Febi, Senin (18/9).

Ia mengatakan, beberapa waktu lalu saat memulai tugas di Kabupaten Asmat, Tim Ekspedisi sudah melakukan pendataan masyarakat.

“Sebelumnya kami sudah lakukan sensus, sehingga ketika diminta, kami tentu siap,” kata dia.

Febi menambahkan, timnya terdiri dari Tim Peneliti Flora Fauna, Tim Sosial Budaya, Tim Kehutanan, Tim Geologi dan Tim Potensi Bencana. Selain melakukan penelitian, peserta melaksanakan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat seperti mengajar di sekolah-sekolah, memberikan pelayanan kesehatan, dan sejumlah kegiatan lainnya.

“Kami sudah melakukan penelitian di Distrik Joerat, Pulau Tiga, Sawa Erma dan Safan. Juga sosialisasi dan mengajar di sejumlah sekolah dasar yang kekurangan guru. Sekarang membantu pemerintah dalam kegiatan sensus,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Asmat, Elisa Kambu mengatakan kegiatan sensus dilakukan oleh seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan puluhan staf. Pemerintah mengikutsertakan Tim Ekspedisi. Sehingga selain melaksanakan tugas yang diemban, mereka bisa membantu pemerintah mendata potensi yang ada di masyarakat.

“Kegiatan sensus ini bertepatan dengan keberadaan Tim Ekpedisi, sehingga kita libatkan mereka. Tugas pokok Tim Ekpedisi itu ada 3 bidang utama, yakni budaya, flora fauna dan geologi. Mereka datang dengan pakar dan ilmuwan, sehingga kita libatkan,” kata Elisa Kambu.

Dijelaskan Bupati, apabila Tim Sensus dan Tim Ekspedisi dipadukan dalam satu kegiatan bersama, tentu akan memberikan hasil yang berarti bagi pembangunan di kabupaten tersebut.


“Ini bertepatan, karena hasilnya nanti akan saling terkait. Kita melakukan pendataan kependudukan, ekonomi dan pembangunan. Sementara Tim Ekspedisi melakukan pencatatan terkait potensi budaya dan flora fauna. Ini akan sangat membantu kita, sehingga mereka dilibatkan,” tandasnya. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment