Upaya Mimika Sehat Mulai Terjawab

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) - Upaya Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Mimika dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika menjawab upaya Mimika sehat mulai terjawab dan fasilitas pendukung mulai lengkap. Upaya itu tercermin di setiap Puskesmas dari 18 Distrik sudah tersedia dan dilengkapi dengan tenaga profesi kesehatan.

 ”Jadi kalau di Mimika ada 18 Distrik maka Puskesmas ada 18. Sedangkan Puskesmas Pembantu (Pustu) untuk satu Puskesmas bisa dua sampai tiga Pustu,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Philipus Kehek saat ditemui Salam Papua  di Hotel Ultina Horison, Selasa(5/9).

Menurutnya 18 Puskesmas yang ada  sudah dilengkapi dengan petugas kesehatan dari setiap profesi, baik bidan,perawat maupun dokter. ”Saya perlu sampaikan  bidan disetiap Puskesmas Pembantu (Pustu)  itu diatur dari Puskesmas,  baik itu di kota maupun di pedalaman sesuai dengan program,” ujarnya.

Dia mengatakan,  ada program Mimika sehat sehingga mulai besok semua profesi mulai dari bidan, perawat dan dokter serta analis akan masuk ke Pustu-Pustu,  bukan lagi ke Puskesmas.  Karena di Puskesmas sudah lengkap.

"Tim Mimika sehat ini kita bentuk 6 kelompok,  perkelompok 6 orang. Tetapi 3 kelompok kita arahkan ke pegunungan dan 3 kelompok di daerah pesisir . Untuk pegunungan kita masih koordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk menggunakan pesawat. Sedangkan pesisir besok sudah berangkat, ” katanya.

Dia menyebutkan, setelah tim Mimika sehat tiba dipesisir atau pegunungan. Maka tim Mimika sehat selain memeriksa darah. Mereka juga melakukan sosialisasi dari rumah ke rumah tentang pola hidup sehat selama satu bulan. “ Kita target 1 atau 2 minggu satu Pustu,” ujarnya.  (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment