Usia Emas Mendominasi Penularan HIV/AIDS Mimika

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) - Kelompok umur 15 tahun sampai 29 tahun ke atas mendominasi penularan HIV/AIDS di Kabupaten Mimika. Hal ini dampak dari tingginya pergaulan sex bebas di kalangan muda. Tidak menggunakan kondom dan suka berganti-ganti pasangan menjadi penyebab utamanya.

Monev dan Media KIE KPA Kab Mimika Richard Arthur Tutu di Gereja Marthin Luther Rabu (21/9) menjelaskan, perilaku remaja muda dan dewasa yang berada di kelompok umur 15 tahun sampai 29 tahun sangat buruk terutama dalam hal pergaulan bebas. Kelompok umur tersebut mendominasi penularan HIV/AIDS di Kabupaten Mimika.

“99 persen kelompok umur ini yang mendominasi penularan HIV/AIDS di Timika. Hal ini juga diperparah dengan seringnya gonta ganti pasangan,” jelasnya.

Richard sebagai narasumber dalam sosialiasi Bahaya HIV/AIDS di tengah-tengah anak anak remaja Gereja Marthin Luther menyampaian, remaja kristen memiliki peran penting dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten Mimika.

Masa remaja dinilai sangat rentan tertular HIV/AIDS apabila perilaku hidup bebas dan sex bebas menjadi bagian dari kehidupan mereka.

“Di usia remaja seperti ini, kita harus sampaikan bahaya yang mengancam kehidupan mereka apabila gaya hidup bebasnya tidak segera di ubah,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menyatakan, sosialisasi bahaya HIV/AIDS di kalangan remaja sangat penting. Selain keluarga, Pemerintah Daerah juga harus berperan aktif dalam menanggulangi bahaya HIV/AIDS.

Sejauh ini KPA Kabupaten Mimika  membuat strategi mencapai sasaran ke masyarakat umum dengan sistem door to door untuk melakukan pemeriksaan HIV/AIDS dengan cara menyebarkan informasi.

“Pemerintah Daerah juga saat ini menyediakan obat untuk penderita AIDS secara gratis, meskipun harga jual untuk satu pilnya dihargai 500 ribu,” ujarnya.

Sampai saat ini, untuk obat HIV/AIDS belum ditemukan. Artinya, HIV itu tidak bisa disembuhkan, hanya bisa dikendalikan. Sedangkan untuk AIDS sendiri dapat disembuhkan.


Untuk jumlah kasus HIV sendiri, Kabupaten Mimika menempati urutan ke-3 setelah Wamena dan Nabire. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment