Usulan Dana Orang Depresi Tak Diakomodir

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) - Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Mimika I Prayoga menyampaikan, Dinas Sosial tahun ini hanya melakukan pendataan terhadap orang  yang mengalami masalah sosial termasuk orang depresi. Sedangkan untuk rehabilitasi orang depresi  Dinsos tidak mempunyai anggaran.

“Tahun ini kita usulkan anggaran untuk orang depresi tetapi tidak diakomodir . Jadi tahun ini kita hanya melakukan pendataan,” katanya menjawab  Salam Papua ketika ditanyai soal penanganan terhadap warga yang mengalami masalah social,  di Hotel Ultima Horison, Selasa (5/9).

Menurut Yoga masalah yang dihadapi Dinsos  saat ini ada satu  orang depresi yang sudah berhasil disembuhkan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di  Jayapura. Dan  pihak RSJ meminta untuk kembali ke Timika. Karena  Dinsos belum ada anggaran. Maka Dinsos masih mengupayakan bagaimana mencari dana untuk menebus biaya mengembalikan warga tersebut.

“Walaupun anggarannya tidak ada. Kami  akan tetap berupaya  bisa memulangkan warga tersebut. Kami kuatir kalau tidak cepat dipulangkan bisa saja terkontaminasi dengan orang depresi yang belum sembuh,” katanya.

Dia menyebutkan setelah dilakukan pendataan tahun ini. Maka tahun depan dimulai dengan penanganan. Dan di Kabupaten seharusnya mempunyai tim asesor yang bertugas untuk mendeteksi awal.

"Kalau sudah ada tim deteksi awal maka kita pun dapat mengetahui seberat apa depresi yang dialami dan berapa biaya yang harus dikeluarkan selama masa rehabilitasi,” ujarnya.  

Selama ini, Yoga mengatakan,  orang depresi dari Mimika, Dinsos langsung mengirim yang bersangkutan ke RSJ Jayapura untuk didiagnosa dan  kemudian diinformasikan ke Dinsos.

"Sebaiknya kita harus punya tim asesor sendiri untuk melakukan deteksi awal. Sehingga kita bisa tahu persis dan ada pengobatan lanjutan supaya tidak kambu lagi,” katanya.

Dia menyebutkan Dinas Sosial berencana untuk menandatangi MoU dengan RSJ Jayapura, sehingga kedepan bisa lebih mudah dalam berkomunikasi. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment