Wajah Kota Timika Harus Dirubah

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) - Manager PLN area Timika, Salmon Karet, berpendapat bahwa wajah Kota Timika yang sekarang, designnya harus dirubah. Sebab menurutnya, pemandangan kota sangat tidak teratur alias semrawut.

“Wajah Kota Timika harus dirubah, setelah itu kita duduk bersama membahas program apa yang harus dilakukan untuk merubah wajah kota kedepan,” kata Salmon saat ditemui Salam Papua di ruang kerjanya Kantor PLN Timika, Senin (19/9).

Menurutnya, untuk perencanaan dan penataan wajah Kota Timika ada pada pemerintah yang mempunyai perencanaan dan penataan kota serta visi dan misi untuk membangun Mimika, yang didukung oleh teknologi moderen. Dan terkait perencanaan penataan kota, itu semua ada pada SKPD baik Bappeda, Dinas PU, Dinas Tata Kota dan beberapa instansi teknis lainnya.

“Ketika diatur dengan baik, otomatis wajah kota akan terlihat jelas. Misalnya kiri dan kanan jalan mau dibuat seperti apa? Kemudian ruko dan rumah di tata seperti apa, semuanya harus di tata dengan baik sehingga wajah kota dapat terlihat,” katanya.

Mulai dari bandara sampai pelabuhan, harus ditata dengan struktur design dan teknologi modern.  Apabila tidak mempunyai tenaga ahli untuk design, maka perlu adanya kerja sama dengan institut dan perguruan tinggi yang mempunyai perencanaan yang matang. Lalu, PLN dan Telkomsel tinggal menyesuaikan dengan program yang direncanakan oleh pemerintah.

“Tidak mungkin PLN atau telkomsel duluan masuk, tetapi pemerintah yang duluan untuk membuat program kedepan seperti apa, tinggal kita menyesuaikan,” katanya.


Dengan penataan yang jelas, kata Salmon, akan secara otomatis penduduk yang keluar masuk untuk berbisnis di Mimika, maupun para investor akan betah di Mimika. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment