Warga Jimbi Bangun Jalan dan Jembatan Gunakan DD

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) -  Warga Kampung Jimbi, Distrik Kuala Kencana, berhasil membangun sejumlah infrastruktur seperti jalan dan jembatan menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap pertama tahun anggaran 2017.

Kepala Kampung Jimbi, Wiles Wakerkwa mengungkapkan, dari Dana Desa, warga kampung kini bisa menikmati pembangunan seperti jembatan dan jalan yang memudahkan akses masyarakat dari kampung ke jalan utama dan jembatan menuju kebun warga.

“ Sekarang masyarakat kampung sudah merasa senang karena akses dari kampung menuju jalan utama sudah dibangun. Begitu juga akses untuk menuju kebun. Kalau dulu mereka harus menyeberang sungai, tapi sekarang sudah tidak lagi karena sudah ada jembatan,”  kata Wiles ketika mensurvei hasil pembangunan jalan dan jembatan, Rabu (13/ 9).

 Ia mengatakan, sejumlah fasilitas yang dibangun 2017 ini antara lain,  tiga jembatan di sekitar kampung. Dua jembatan menggunakan box caver untuk menghubungkan warga dari kampung menuju kebun dan satu jembatan lagi untuk menghubungkan kampung ke jalan utama menggunakan plat beton.

Selain itu DD tahap pertama 2017 juga digunakan untuk membangunan jalan pengerasan (jalan padat) di dua jalur masing-masing sepanjang 250 meter. DD  ini juga digunakan untuk melakukan penimbunan di halaman balai kampung Jimbi dan rencananya juga akan digunakan untuk pemasangan trali besi di balai kampung.

Sementara itu untuk pemberdayaan masyarakat, DD sebesar 30 persen juga akan dialokasikan untuk membantu kelompok tani yang ada di kampung Jimbi yaitu kelompok tani bebas dan kelompok tani pembibitan pohon. Juga akan dialokasikan untuk membantu mama-mama yang berjualan di pasar.
 Ia juga mengatakan, seluruh pembangunan infrastruktur di Kampung Jimbi dengan menggunakan DD dikerjakan  warga kampung sendiri.

 “Kita tidak pakai kontraktor untuk kerja dan kami senang karena masyarakat bisa merasakan pembangunan dan turut membangun kampungnya sendiri,” katanya.

Sedangkan Dianus Kogoya, mewakili warga kampung Jimbi, mengungkapkan apresiasi yang besar kepada Presiden Joko Widodo yang telah memprogramkan pembangunan dari kampung melalui Dana Desa.

Dianus  menilai, pembangunan yang saat ini dilaksanakan di kampung Jimbi telah dirasakan manfaatnya seperti jembatan dan jalan pengerasan yang membantu warga untuk mengakses kebun mereka maupun jalan utama.

Ia juga mengakui pembangunan yang dilakukan di kampung Jimbi sangat menyentuh masyarakat. Pasalnya program yang dilaksanakan berdasarkan hasil musyawarah warga kampung Jimbi.


“Jujur kita sangat senang dan sejak lama mengharapkan pembanguan seperti sekarang ini. Kami berterimakasih kepada Pemerintah Kampung yang benar-benar memanfaatkan DD untuk memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat,” ujarnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment