YBC Dampingi Enam ODHA Dibawah Umur

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) - Kelompok Melati Support Group (MSG) yang berada di bawah naungan Yayasan Cenderawasih Bersatu (YCB) saat ini sedang mendampingi enam  Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA) di bawah umur dari 100 ODHA yang didampingi di Kabupaten Mimika.

"Yang kami layani dan dampingi  ada anak dibawah umur 5 tahun  6 orang. Untuk ukuran umur anak yakni 7 sampai 14 tahun juga ada dari total seluruhnya 100 ODHA. Mereka semua kita dampingi dan layani,"  kata Ketua MSG Martha Pusung, di YBC, Kamis (28/9).

Dia menjelaskan, untuk mengetahui adanya anak yang terinfeksi HIV/AIDS melalui kerja sama dengan Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas, dan Klinik. Termasuk YBC bersama instansi terkait melakukan pemeriksaan terhadap ibu hamil.

“Pemeriksaan kandung itu kan sudah satu paket, sehingga bisa diketahui dari hasil pemeriksaan yang ada. Apabila ada temuan tersebut, maka pendampingan dilakukan,” ujarnya.

Pemeriksaan terhadap anak yang terdeteksi HIV, tidak serta merta langsung dapat diketahui hasil pemeriksaan, Tapi dapat diketahui setelah 2 tahun berjalan.

Apabila diketahui terdeteksi HIV, Martha mengatakan, kelompok MSG akan membantu dalam hal pengurusan BPJS kesehatan pasien, melayani dan mendapangi mereka. ODHA  didampingi supaya bisa bertahan hidup dan teratur minum obat antiretroviral (ART)untuk   melambatkan pertumbuhan virus.

“Obat ARV itu harus rutin dan teratur di konsumsi oleh sipenderita. Dengan demikian mereka akan dapat terus bertahan hidup dan melaksanakan aktivitas seperti manusia normal,” katanya. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment