You : Ini Negara Hukum

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) – Menyikapi dugaan Pemungutan Liar (Pungli) yang terjadi di Pasar Sentral Mimika, apabila itu benar dan faktanya ada sesuai hasil kunjungan anggota DPRD Mimika, penegak hukum segera menindaklanjuti soal Pungli itu.

 “Jika itu benar, tindakan yang dilakukan, ya, segera penegak hukum tindaklanjuti, karena ini negara hukum. Masalah seperti ini harus segera ditangani dan diselesaikan sesuai hukum yang berlaku di negara ini,” kata  Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Mimika, Ausilius You, S.Pd., M.Si, di Sentra Pemerintahan Kabupaten Mimika, Selasa (12/9).

Dia mengakui  ada anak buahnya yang bekerja di sana atau sebagai pengelola. Terkait itu, bila ada pihak yang terlibat, terutama pengelola pasar segera dipanggil  siapa dan cek dulu. Siapa bertindak apa, dengan siapa, dan untuk kepentingan siapa.

Perihal dasar hukum, You menyebutkan, ada Peraturan Pemerintah (PP) No. 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil,  ada UU No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara,  dan PP No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. “Apabila terkait ASN ada aturannya,”  katanya kepada Wartawan usai membuka Lokakarya Inisiatif Pembentukan Taman Hutan Raya (Tahura)  Manggrove Mimika Sebagai Upaya Pengelolaan Kawasan Manggrove Berkelanjutan bekerja sama para pihak dan Pemerintah Kabupaten Mimika di Hotel Grand Tembaga.
Dia menjelaskan, melalui instrumen hukum yang ada aparat yang berwenang segera bergerak cepat untuk menindak pelaku Pungli sekaligus mencegah berkembang biak bibit-bibit korupsi dari Pungli ini.  (Korneles Materay)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment