25 PKBM Mimika Tidak Bisa Ikut UNBK

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) - Sampai saat ini Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kabupaten Mimika berjumlah 29 lembaga. Namun dari 29 PKBM tersebut, pada tahun ini hanya 4 PKBM yang lolos mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Acuannya pada keberhasilan mengikuti sistem aplikasi Dapodiknas secara online.

"Tahun ini hanya 4 PKBM yang lolos ikut UNBK. Sementara yang lain menganggapnya sebagai hal baru sehingga tidak lolos. Diupayakan tahun depan semuanya bisa ikut," ujar kepala Bidang PNFI Dispenmen Kabupaten Mimika, Ignatius Batmomolin kepada Salam Papua saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (5/10).

Ignatius mengharapkan, PKBM yang belum lolos bisa mengikuti Bimtek tentang bagaimana penggunaan aplikasi Dapodiknas. Pada kegiatan tersebut akan diundang tutor dan operator PKBM. Sehingga dengan mengikuti Bimtek tersebut, PKBM yang tersisa bisa mengikuti UNBK pada tahun berikutnya.

"Jadi nanti diundang tutor dan operator PKBM untuk ikut Bimtek. Dengan harapan, supaya setelah ikut mereka bisa lolos pada tahun berikutnya," harapnya.

Selama ini Dia mengungkapkan, pihak dinas selama ini hanya melakukan pembinaan. 29 PKBM tersebut merupakan satuan pendidikan melalui jalur non formal dalam rangka melayani masyarakat. Proses pendidikan di dalamnya berupa life skill dan pemberantasan buta aksara. PKBM mempunyai tutor tersendiri dan organisasi yang di dalamnya ada ketua, bendahara, dan sekretaris.


"Dari sisi teknis kami dari dinas membuat perencanaan berdasarkan kebutuhan PKBM. Dalam rangka melayani masyarakat," ungkapnya. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment