7 Pendidikan Menengah di Mimika Ditingkatkan Akreditasinya

Bagikan Bagikan
H Edy W Soeryono 
SAPA(TIMIKA) - Dua SMA dan Lima SMK di Kabupaten Mimika tahun ini telah mengalami peningkatan (upgrade) akreditasi. Hal tersebut dicapai setelah memenuhi tahap-tahap penunjang dan atas dasar penilaian tim asesor dari Provinsi Papua. Sekolah-sekolah yang dimaksud adalah SMA Adven, SMA YPPK Ebenhaezer, SMK Negeri 2 Mimika, SMK Harapan, SMK Amamapare, SMK YPMNU, dan SMK Pelayaran.

"Jadi tujuh sekolah ini mereka sudah melalui tahapan-tahapan. Sehingga sudah terakreditasi dari yang sebelumnya akreditasi nilai C mungkin bisa B dan dari akreditasi B bisa mendapatkan A," ujar Ketua Badan Akreditasi Nasional (BAN) Kabupaten Mimika H Edy W Soeryono kepada Salam Papua di Kantor Sentra Pemerintahan, Senin (30/10).

Edy mengatakan, proses akreditasi terhadap sekolah-sekolah tersebut dimulai sejak September lalu. Menurutnya, ada sekitar 80 persen SMA-SMK di Kabupaten Timika telah terakreditasi. Sedangkan sisanya belum terakreditasi karena belum memenuhi syarat.

"Secara presentase SMA-SMK di Mimika sekitar 80 persen sudah terakreditasi. Sedangkan 20 persen belum terakreditasi. Sekolah yang belum terakreditasi karena kendala kelayakan yang tidak sesuai standar. Yaitu sekolah belum ada lulusan atau sekolah baru. Ada juga sekolah yang harus diakreditasi tetapi karena belum ada anggaran sehingga belum akreditasi," ujarnya.

Untuk tahun 2018 Edy berharap, semua jenjang pendidikan baik SD, SMP maupun SMA-SMK yang belum terakreditasi untuk segera melengkapi berbagai persyaratan akreditasi. Yang mana harus mengikuti mekanisme Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah. "Sehingga kita harapkan supaya tahun depan sekolah yang akan diakreditasi lebih banyak lagi," harapnya. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment