8 Organisai Profesi di Mimika Sangat Membantu Dinkes

Bagikan Bagikan
Sekretaris Dinkes Mimika, Reynold Ubra.
SAPA (TIMIKA) – Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Timika, Reynold Ubra mengatakan hingga saat ini jumlah Organisai Profesi di Timika berjumlah delapan yakni, IDI, PPNI, IBI, HTLG, IAI, PERSAGI, PERSAMI dan PAFI. Menurut dia, PAFI merupakan organisasi baru, sedangkan yang lainnya sudah lama mengabdi dan sangat membantu Dinas Kesehatan (Dinkes) dalam melayani masyarakat.

“PAFI ini yang baru masuk, dan kami harapkan bisa menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) mereka dengan baik seperti organisasi lain yang telah lama di Mimika. Intinya, Dinkes sangat menyambut baik dengan masuknya PAFI, karena kita butuh banyak mitra dalam melayani masyarakat kita,” kata Reynold, usai menghadiri pelantikan pengurus PAFI yang diselenggarakan di Hotel Grand Tembaga, Minggu (29/10), sekaligus seminar Kefarmasian dalam meningkatkan mutu Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) dan Asisten Tenaga Kefaramasian (ATK) serta meningkatkan pelayanan dalam mengatasi penyakit malaria.

Alasan Dinkes sangat menyambut baik kehadiran setiap organisasi di Mimika adalah, untuk dijadikan sebagai mitra dalam melayani masyarakat.

Diakuinya bahwa yang mempunyai tenaga kesehatan bukanlah pemerintah, melainkan induk organisasi profesi masing-masing. Dimana, seluruh tenaga profesi dalam setiap organisasi telah diatur berdasarkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD-ART) setiap organisasi terkait. AD-ART tersebut, tentunya mengacu pada Peraturan Pemerintah dan menteri, bahkan telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 36 tahun 2014, tentang tenaga kesehatan. Selain itu, juga telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) tentang standar biaya bagi tenaga kesehatan profesi.


“Mereka ini langsung dianggarakan dalam AD dan ART sendiri. Pemerintah hanya melakukan pengawasan dan memberikan rekomendasi dalam bentuk surat izin dan lain sebagainya,” tuturnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment