Asmat Kucurkan 24 Miliar Wujudkan Program PMTAS

Bagikan Bagikan


SAPA (ASMAT) - Kepala Dinas Pendidikan Asmat, Donatus Tamot, S.Pd, M.Pd mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asmat melalui Dinas Pendidikan mengucurkan anggaran lebih dari Rp24 miliar untuk mewujudkan pelaksanaan Program Pemberian Makanan Tambahan bagi Anak Sekolah (PMTAS) di 23 distrik yang ada di Kabupaten Asmat pada tahun ini.

Menurutnya program  PMTAS itu merupakan salah satu program khusus Bupati Asmat dan Wakil Bupati Asmat menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Asmat yang cerdas. Program tersebut dilakukan untuk memberikan penyediaan makanan bagi anak sekolah dalam bentuk makanan lengkap yang aman dan bermutu sesuai dengan angka kecukupan gizi.

Dikatakannya program PMTAS diluncurkan Bupati Asmat, Elisa Kambu di Lapangan Yos Sudarso Agats pada 10 Juni lalu. Program ini menyasar 24 Kelompok Bermain atau PAUD, 17 Taman Kanak-Kanak (TKK) dan 35 Sekolah Dasar (SD) yang tersebar di 23 distrik.

 Program PMTAS itu, kata Donatus  merupakan kelanjutan dari Program Seribu Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK). Program 1000 HPK fokus di bidang kesehatan, berupa pemberian makanan bergizi bagi ibu hamil. Sementara PMTAS fokus di bidang pendidikan, berupa pemberian makanan bagi anak sekolah.

Dia menjelaskan, secara teknis, Program PMTAS dilaksanakan Dinas Pendidikan, dan 1000 HPK digiatkan oleh Dinas Kesehatan setempat. Tahun ini, pemberian makanan bagi anak sekolah di PAUD, TKK dan SD yang berada di ibukota distrik.

“Anggarannya dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan dana Otonomi Khusus (Otsus). Dana tahap pertama dan kedua totalnya Rp24. 965.722.000. Dana itu sudah ditransfer ke rekening tiap sekolah sasaran,” katanya di Dinas Pendidikan Asmat,  Kamis (5/10).

Diakuinya  pada tahap pertama pemberian makanan bagi anak sekolah dilaksanakan 4 kali dalam sebulan. Pada tahap kedua atau setelah revisi dalam APBD Perubahan 2017, pemberian makanan bagi anak sekolah dinaikkan menjadi 20 kali dalam sebulan.

“Jadi dalam satu minggu itu 5 kali diberi makan. Memang awalnya ada beberapa hambatan, seperti tenaga masaknya maupun sekolah yang tidak beroperasional. Tapi sudah bisa diatasi baik,” katanya.
Sekedar diketahui, pelaksanaan Program PMTAS di Kabupaten Asmat mengacu pada Peraturan Bupati Nomor 30 Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program 1000 HPK-PMTAS. Tujuan utama program ini adalah menciptakan generasi emas Kabupaten Asmat yang lebih sehat, cerdas dan kompetitif.


Program ini fokus memperbaiki gizi, meningkatkan ketahanan fisik, minat serta kemampuan belajar anak-anak saat mengikuti proses belajar mengajar di sekolah. Selain itu pula memotivasi anak-anak agar lebih giat ke sekolah, meningkatkan pengetahuan dan perilaku anak agar menyukai makanan lokal bergizi serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment