Banyak Masalah Belum Terselesaikan, Pemerintah Kemana?

Bagikan Bagikan
Drs. Petrus Yanwarin




SAPA (TIMIKA) – Tokoh masyarakat Mimika Drs. Petrus Yanwarin menyayangkan terdapat banyak persoalan yang terjadi di Mimika, namun tidak ada inisiatif dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika untuk menyelesaikannya. Terkesan Pemerintah hanya mementingkan kepentingan segelintir orang ketimbang melihat permasalahan yang terjadi di masyarakat.

“Sebagai masyarakat, saya kecewa dengan penanganan permasalahan dari pemerintah yang amburadul dan mengakibatkan banyak hal yang terjadi tidak pernah selesai,” kata Petrus Yanwarin saat ditemui wartawan dikediamannya di Jalan Patimura, Minggu (29/10). 

Ia mengungkapkan beberapa persoalan yang tidak mampu diselesaikan oleh pemerintah diantaranya masalah insentif guru, masalah perikanan, masalah aktivitas belajar dipedalaman, masalah sampah, masalah pembangunan yang terkesan membiarkan masalah diatas masalah.

“Banyak persoalan yang belum tuntas dan Pemda terkesan tidak serius selesaikan. Sebenarnya Pemda ini pentingkan apa sebenarnya,” ungkapnya.

Ia meminta kepada Pemkab Mimika agar bisa menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Sebab masyarakat membutuhkan kepastian pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan, sehingga bisa merasa nyaman dalam beraktivitas, mereka merasa peduli terhadap apa yang mereka hadapi. Saat ada masalah, bukan pemerintah yang merasa dampaknya tetapi masyarakat. Apabila hal-hal tersebut dibiarkan akan menjadi bom waktu yang sewaktu-waktu dapat meledak.

“Masyarakat ini butuh kepastian sehingga dia merasa nyaman dalam melakukan aktivitas setiap hari. Kalau digantung seperti begini, yang susah bukan pemangku kepentingan tetapi yang merasakan itu masyaralat kecil. Ini juga yang membuat situasi keamanan jadi tidak bagus,” ujarnya.

Sejauh ini situasi Kamtibmas di Mimika terlihat aman dan lancar. Namun tanpa disadari oleh Pemkab Mimika persoalan kecil bisa menjadi menjadi besar akibat dari sifat malas tahu pemerintah terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat.

“Kita lihat situasi keamanan di Mimika ini terlihat tenang tapi banyak persoalan yang tiba-tiba bisa muncul dengan buat persoalan besar dan akan mengakibatkan masyarakat merasa terganggu. Ini hal-hal yang tidak diperhatikan. Karena ini bukan hanya tanggung jawab polisi tapi tangung jawab bersama,” ungkapnya. (Ricky Lodar)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment