Bupati Akui APBD Defisit Rp 700 M

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) -  Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng, SE.MH mengakui terjadi defisit pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Mimika 2017. Defisit sebesar Rp 700 miliar tersebut merupakan keputusan dari pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) termasuk  royalty dari PT Freeport Indonesia (PTFI).

Bupati Omaleng menegaskan dirinya selaku kepala daerah bertanggung jawab penuh  untuk menutupi difisit tersebut.

“Menutupi kekurangan anggaran itu akan jadi tanggungjawab kami sebagai pemerintah. Dan saya akan bertanggung jawab. Defisit itu diberlakukan langsung dari pusat. Untuk besaran defisit dari PTFI itu kita belum tahu pasti,” ungkapnya di lapangan Timika Indah usai upacara HUT Mimika ke 21, Senin (9/10).

Selain hal itu, Bupati Omaleng mengatakan, perjuangannya dalam mengambil divestasi saham dari PT Freeport mentok sampai pada 10 persen. Dengan demikian ia akan mengatur besaran persenan yang akan diberikan ke Provinsi Papua,  Pemkab Mimika dan pemilik hak ulayat.

“Perjuangan saya sudah pas sampai di situ. Saya yang akan mengatur berapa ke provinsi dan pemilik hak ulayat. Nanti 3 persen ke Provinsi Papua, 3 persen ke Pemkab Mimika, 4 persennya untuk pemilik hak ulayat,” katanya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment