Bupati Rencana Bertemu Kelompok KKB *Sekaligus Drop Bama ke Banti

Bagikan Bagikan
Eltinus Omaleng
SAPA (TIMIKA) - Aksi teror penembakan yang terjadi di areal PT Freeport Indonesia (PTFI) beberapa waktu belakangan ini, berimbas hingga ke Kampung Banti, Distrik Tembagapura dan mengakibatkan roda perekonomian di kampung itu menjadi lumpuh. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Mimika berinisiatif memberikan bantuan berupa bahan makanan (Bama) kepada masyarakat yang ada di wilayah itu sekaligus Bupati berencana ketemu dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang dianggap merupakan masyarakatnya juga. 

“Aksi penembakan yang terjadi beberapa hari ini membuat perekonomian di Banti macet. Kami pemda mau bantu bama ke Kampung Banti,” kata Bupati Mimika, Eltinus Omaleng kepada wartawan di Pendopo Rumah Bupati, Senin (30/10) usai melaksanakan pertemuan dengan kepala SKPD Pemkab Mimika. 

Bupati mengungkapkan kalau dirinya sudah memerintahkan dinas terkait untuk mempersiapkan bantuan berupa bahan makanan untuk dibawa ke Kampung Banti, bahkan surat perintah terkait hal ini pun telah ditandatangani. Jika Selasa (31/10) hari ini bahan makanan yang dibutuhkan sudah siap, tidak menutup kemungkinan pada hari Rabu (1/11) besok akan didorong untuk segera memberikan bantuan, tetapi itu setelah ada persetujuan dari PTFI untuk membantu memfasilitasi transportasi udara berupa helikopter. 

“Mengenai dana bantuan dinas sudah siap dan kita akan kumpulkan lalu di drop ke masyarakat yang ada di Banti,” katanya.

Mengenai aksi teror penembakan yang terjadi di wilayah Tembagapura, kata Bupati, pihaknya telah melakukan koordinasi bersama Komandan Kodim (Dandim) 1710/Mimika untuk melihat langsung kondisi yang terajdi. Sekaligus melakukan pendekatan dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang melakukan aksi teror penembakan.

“Saya rencana mau ketemu mereka untuk pendekatan persuasif, kira-kira mereka maunya seperti apa. Mereka juga saya punya masyarakat, jadi saya mau dengar langsung apa keinginan mereka sambil bawa turun makanan untuk masyarakat,” kata Bupati. (Albin)







Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment