Cegah Abrasi, Pemkab Bakal Bangun Talut

Bagikan Bagikan




SAPA (ASMAT) — Pemerintah Kabupaten Asmat melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU), bakal membangun talut atau turap (tembok penahan) dari muara Sungai Asuet hingga Pelabuhan Baru di Kota Agats. Upaya tersebut guna mencegah erosi maupun abrasi saat gelombang pasang yang menimpa pemukiman warga.

“Di Asmat banyak sungai-sungai besar. Saat air laut surut, arus air ke muara akan sangat deras dan ini menimbulkan abrasi. Lalu saat musim angin barat, Kota Agats yang terletak dekat muara akan mengalami gelombang pasang yang cukup besar, mencapai 5 meter,” ungkap Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PU Kabupaten Asmat, Muhamad Sidik, baru-baru ini.

Sejak 2013 hingga 2016, katanya, Pemerintah Kabupaten Asmat telah membangun turap dengan struktur sheetpile sepanjang 690 meter. Dan pada tahun ini, pemerintah setempat kembali memprogramkan pembangunan talut guna mencegah erosi sungai Asuet dan abrasi pantai.

Dikatakan, anggaran proyek pembangunan talut pada tahun ini bersumber Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017. Pembangunan turap tersebut bakal dilaksanakan bertahap, mulai dari bantaran Sungai Asuet di Kampung Syuru hingga pelabuhan baru dengan jarak 3600 meter.

“Kalau sudah selesai dibangun tahun ini, maka jarak yang berhasil dicapai adalah 1181 meter. Tersisa 2419 meter lagi,” katanya.

Sidik menambahkan, program pembangunan turap tidak hanya dilaksanakan di Agats. Pemerintah setempat juga bakal membangun talut di bantaran sungai Ewer sekitar 210 meter. Hal itu dilakukan guna melancarkan mobilisasi masyarakat dan menggantikan turap sebelumnya.

“Beberapa titik lainnya seperti di Distrik Atsj, Pelabuhan Perikanan Omor, dan Distrik Fayit. Kita akan membatasi jarak pemukiman atau rumah warga dari bantaran sungai sekitar 10 meter,” tuturnya.
Diharapkan, pembangunan turap akan memberikan dampak positif bagi masyarakat antara lain bertumbuhnya eko wisata baru, seperti hadirnya restoran atau rumah makan di tepi pantai maupun tempat hiburan lainnya.


“Pemerintah daerah juga bakal membangun jalan dan tempat wisata sepanjang turap. Dengan demikian, ekonomi masyarakat akan bertumbuh,” tandasnya. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment