Danlanud Diminta Digunakan Anggaran Secara Proporsional

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) - Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau II) Marsekal Muda TNI Yadi Indrayadi Sutanandika mengatakan, terdapat Pakta Integritas yang ditekankan kepada Komandan Lanud Timika dan personil agar bekerja lebih proporsional dan professional dalam penggunaan anggaran untuk kegiatan yang bermanfaat.

“Sebenarnya bukan hanya untuk AU saja yah, tapi semua pejabat Pemerintah itu mendapat penekanan untuk bekerja professional, dan juga menghindari penggunaan atau pemanfaatan anggaran yang tidak tepat,” kata Yadi saat ditemui wartawan usai jamuan dengan Forkompimda di Kanto Lanud Timika, Senin (9/10).

Ia menjelaskan, sejauh ini tidak ada penyalahgunaan anggaran di lingkungan TNI-AU sebab semua personil diarahkan untuk melaksanakan pembangunan yang tepat sasaran dan bermanfaat bagi kelangsungan operasi. Sebab itu, apabila terjadi korupsi maka akan mengurangi kualitas dari apa yang dibangun.

“Sedapat mungkin semuanya diarahkan pada pembangunan, pengadaan, kinerja yang professional dan fokus pada optimalisasi dan tepat sasaran,” jelasnya.

Sementara itu terkait pengawasan yang dilakukan. Yadi mengatakan, didalam setiap intitusi memiliki pengawas untuk mengawasi serta mengaudit penggunaan anggaran secara internal dan juga eksternal yakni Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Kami punya jabatan yang namanya inspektur melalui inspektur itulah pengawasan dan pemeriksaan dilakukan untuk internal. Selain itu kami juga ada inspektur dari TNI sendiri dan ada BPK,” ungkpanya.

Ia menambahkan, sejauh ini tidak ditemukan penyalahgunaan anggaran dikubu TNI-AU. Namun diakui ada banyak staf yang belum memahami prosedur-prosedur sehingga perlu ditekankan kepada komandan-komandan pangkalan dan personilnya agar bisa memahami prosedur yang ada dan diterapkan.

“Kalau sejauh ini kebanyakan yang ditemukan itu adalah kurangnya penguasaan terhadap prosedur-prosedur sehingga ini yang menjadi penekanan kepada pelaku di lapangan untuk benar-benar memahami prosedur,” katanya.

Yadi berpesan kepada para komandan-komandan agar bekerja secara proporsional dan professional. Artinya memahami tugas dan tanggung jawab dari masing-masing personil baik di Lanud-Lanud maupun di Mako TNI-AU.


“Jadi pesan saya kepada Danlanud dan staf bekerja secara proporsional dan professional. Artinya itu supaya mereka memahami benar apa tugas dan peran masing-masing personil,” ujarnya. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment