Data Pelaku Pemalsuan KTP Belum di Verifikasi

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika, Jhon Wicklif Tegai, mengakui hingga kini belum melakukan verifikasi data pelaku pemalsuan Kartu Tanda Penduduk elektrik (KTP-e) yang tertangkap beberapa waktu lalu. Untuk mengetahui apakah pelaku melakukan pemalsuan secara total atau pun tidak, hal itu belum dapat dipastikan.

“Kita belum lakukan verifikasi data pelaku pemalsuan itu, karena kita terkendala dengan menumpuknya pekerjaan yang kita lakukan selama ini. Tapi, sekarang kasus itu sudah menjadi wewenang penuh kepolisian,” kata Jhon Wicklif saat ditemui Salam Papua usai menghadiri peringatan HUT TNI ke-72 di halaman Kantor Pusat Pemerintahan, Kampung Karang Senang - SP 3, Distrik Kuala Kencana, Kamis (5/10).

Meski demikian, kata dia, pemalsuan yang sudah dilakukan pelaku murni perbuatan yang sengaja untuk memperlancar suatu urusan pribadi. Dan berdasarkan hukum yang berlaku di negara Indonesia, jika seseorang melakukan suatu kejahatan termasuk pemalsuan identitas dengan terencana, akan dikenai sanksi hukum.

Persoalan pemalsuan KTP-e tersebut kini sudah dan sedang ditangani pihak kepolisian. Sedangkan untuk proses penelusuran terkait pembuatan KTP-e palsu, kata dia, membutuhkan dana yang besar untuk di periksa forensik.

“Kemungkinan kendalanya itu, persoalan dana untuk kelanjutan pemeriksaan di forensik. Tapi itu sudah bukan ranah kami lagi, karena sudah ditangani oleh kepolisian,” ujarnya. (Acik)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment