Dinkes Dorong Puskesmas Jadi BLUD

Bagikan Bagikan
SAPA (TIMIKA) - Demi menjawab mutu pelayanan bagi masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika akan terus mendorong puskesmas menyandang akreditasi. Selanjutnya, akan di dorong lagi menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

“Tahun depan kita akan dorong dua puskesmas menjadi BLUD, tetapi tergantung akreditasi,” ujar Sekretaris Dinkes, Reynold Ubra saat ditemui di Hotel Serayu, Jumat (20/10).

Dua puskesmas yang dimaksud adalah Puskesmas Timika (Kwamki Baru), dan Puskesmas Timika Jaya (SP 2). Jika dua puskesmas tersebut tahun ini sudah terakreditasi, tentunya telah memiliki tenaga dan pelayanan yang sesuai standar. Maka, pada tahun depan sudah bisa di dorong oleh Dinkes menjadi BLUD.

Selanjutnya, puskesmas yang sudah terakreditasi tentunya akan memperoleh biaya operasional, baik dari provinsi maupun pusat. Sebaliknya demikian, puskesmas yang belum terakreditasi tidak memperoleh biaya operasional dari provinsi dan pusat.

Tahun ini, kata Reynold, memang Dinkes akan mendorong tiga puskesmas untuk menyandang akreditasi, selain kedua puskesmas di atas, ditambah lagi satu puskesmas, yaitu Puskesmas Kokonao yang juga siap untuk di akreditasi.

“Sekarang ketiga puskesmas ini sudah siap, tinggal pra penilaian akreditasi dan kami juga mengusulkan supaya tim akreditasi turun untuk melakukan penilaian. Mudah-mudahan bulan November sudah selesai,” katanya.

Dalam penilaian akreditasi, menurut Reynold, terdapat tiga komponen besar yang harus disiapkan puskesmas, yakni upaya kesehatan masyarakat, upaya kesehatan perorangan dan administrasi manajemen.Tiga komponen tersebut, masing –masing mempunyai elemen yang hampir mencapai 800 elemen.

“Kita di Timika sudah bergerak dari Januari, saya kira semuanya sudah siap untuk di akareditasi,” tuturnya. (Albin)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment